Efektivitas model pembelajaran tipe numbered head together dengan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa materi haji di MTs Miftahul Khoirot Semarang

Istinarotul, Fikri (2020) Efektivitas model pembelajaran tipe numbered head together dengan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa materi haji di MTs Miftahul Khoirot Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_190306136_ISTINAROTUL_FIKRI] Text (SKRIPSI_190306136_ISTINAROTUL_FIKRI)
SKRIPSI_1603016136_ISTINAROTUL_FIKRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dalam pendidikan masih kita jumpai adanya permasalahan, salah satunya yakni kurangnya perhatian guru terhadap variasi penggunaan metode serta media pembelajaran yang mana membuat siswa bosan, dan akan menghasilkan pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas model pembelajaran tipe Numbered Head Together dengan media Audiovisual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fikih materi haji kelas VIII MTs Miftahul Khoirot Branjang Ungaran Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling di mana seluruh individu yang menjadi anggota populasi memiliki peluang yang sama dan bebas dipilih sebagai anggota sampel. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pengujian hipotesis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan posttest menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together dengan media audiovisual adalah 76,4583 dengan standar deviasi (S)=10,0519. Sedangkan nilai kelas kontrol = 62,2222 dengan standar deviasi (S) = 8,3589. Sehingga dari analisis diperoleh thitung = 5,558 sedangkan ttabel = 1,677. Karena nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Fikih materi Haji lebih efektif menggunakan model pembelajaran tipe numbered head together dengan media audiovisual dari pada menggunakan metode konvensional seperti yang diterapkan pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Numbered Head Together; Audiovisual; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dely Tresia Putri
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:17
Last Modified: 07 Apr 2022 06:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15692

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics