Pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal
Khoiriyah, Hikmatun (2020) Pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI_1603016068_HIKMATUN_KHOIRIYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Pengawasan yang diberikan oleh ibu kepada anak merupakan sikap dalam mengamati dan mengontrol apa yang dilakukan anak. Usaha yang dilakukan oleh ibu untuk memperhatikan dengan baik segala aktivitas anak agar senantiasa terkontrol sehingga anak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan dirinya, keluarga dan lingkungannya dalam rangka membentuk kepribadian anak. Rendahnya pengawasan dapat menjadikan anak kurang terkontrol dalam setiap kegiatannya, baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungannya. Dengan demikian, bisa membawa masalah terhadap pendidikan anak terutama yang berhubungan dengan prestasi belajar anak di sekolah.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yaitu adakah pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal? Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Dalam pengambilan data penelitian menggunakan data sampel berjumlah 67 responden kelas XI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu angket dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini diperoleh korelasi sebesar 0,117, sehingga nilai r hitung berkisar pada interval 0,000-0,199. Maka antara persepsi siswa tentang pengawasan ibu terhadap prestasi belajar Fikih memang terdapat korelasi namun korelasi tersebut sangat rendah. Persepsi siswa tentang pengawasan ibu memberikan kontribusi sebesar 0,014 atau 1,4 % dalam memengaruhi prestasi belajar Fikih kelas XI di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Hasil tersebut dapat dilihat dalam kolom R square. Kemudian 98,6 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti bakat, minat, motivasi, pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lainnya yang dapat memengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karenanya, untuk memaksimalkan prestasi belajar siswa di sekolah, segala faktor yang mendukung harus dioptimalkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi siswa; Pengawasan ibu; Prestasi belajar; Fikih |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maulida Qurrotu'ain |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 13:24 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 13:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15710 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year