Implementasi model pembelajaran I2M3 (interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi) pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SDIT Umar bin Khattab Junawa Pati

Rahmah, Inna Yatur (2020) Implementasi model pembelajaran I2M3 (interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi) pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SDIT Umar bin Khattab Junawa Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016093_INNA YATUR ROHMAH] Text (SKRIPSI_1603016093_INNA YATUR ROHMAH)
1603016093_Inna Yatur Rohmah_Full Skripsi - Inna Yahyah(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sekripsi ini membahas tentang model pembelajaran I2M3 (interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDIT Umar Bin Khattab Juwana Pati yang merupakan suatu lembaga penyelenggara pendidikan tingkat dasar yang bernuansa Islam terpadu atau biasanya disingkat dengan IT, sehingga menarik perhatian penulis dalam meneliti model pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran PAI di sana.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui model pembelajaran I2M3 yang diterapkan dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Umar Bin Khttab Juwana Pati.
Metode penelitian yang dipakai adalah jenis deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu fenomena, peristiwa, aktivitas social, sikap, kepercayaan persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang mengarah pada penyimpulan. Selain itu untuk mendukung penelitian ini di ambilkan data-data dokumentasi di SDIT Umar Bin Khattab Juwana Pati, serta pengamatan langsung yang dilakukan di lapangan.
Implementasi model pembelajaran I2M3 (interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDIT Umar Bin Khattab Juwana Pati sudah berjalan cukup baik dan sesuai dengan prosedur pelaksanaan yaitu sebelum melaksanakan pembelajaran I2M3 guru membuat perencanaan pembelajaran terlebih dahulu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan dan guru mengetahui karakteristik masing-masing peserta didik. Hal tersebut terlihat dari keinginan dan tanggung jawab peserta didik untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran di kelas seperti halnya peserta didik sudah mempunyai keberanian untuk menyampaikan pendapatnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; I2M3; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Nadia Maida Amalia Amalia
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:22
Last Modified: 07 Apr 2022 06:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15713

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics