Tinjauan hukum Islam terhadap sistem promo pada jual beli online Shopee

Octavia, Lili (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap sistem promo pada jual beli online Shopee. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036164_LILI_OCTAVIA;] Text (SKRIPSI_1602036164_LILI_OCTAVIA;)
SKRIPSI_1602036164_LILI_OCTAVIA;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Akad yang dijadikan panduan dalam jual beli online shopee ini yaitu akad wadi’ah (titipan), sesuai dengan fatwa DSN-MUI No 01/DSN-MUI/IV/2000 tentang Giro pada bagian ketiga tentang ketentuan umum Giro berdasarkan Wadi’ah. Pertama, bersifat titipan. Kedua, titipan bisa diambil kapan saja (on call). Ketiga, tidak ada imbalan yang disyaratkan, kecuali dalam bentuk (‘athaya) yang bersifat sukarela. Maka promo atas transaksi pada shopeepay ini dilihat dalam hukum islamnya termasuk kedalam hadiah yang dipersyaratkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan tentang “TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PROMO PADA JUAL BELI ONLINE SHOPEE”.
Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu penelitian Normative atau Doktrinal. Sumber data menggunakan Data sekunder yaitu buku-buku atau bahan hukum yang terkait dengan objek penelitian, serta informasi tambahan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam memahami pelaksanaan akad wadi’ah pada praktek top up shopeepay. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer yaitu fatwa DSN-MUI No: 01/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Giro. Bahan hukum sekunder meliputi buku-buku, teks, jurnal hukum, dan komentar-komentar atau putusan pengadilan. Bahan hukum tersier meliputi kamus dan data-data lain di luar bidang hukum yang digunakan untuk melengkapi data penelitian. Pengumpulan data yang digunakan yaitu documentasi. Adapun pengolahan data menggunakan Normative Deskriptif meliputi pengumpulan data, penyajian data dari berbagai buku, jurnal hukum, dan pengambilan kesimpulan sedangkan analisis yang digunakan deskriptif kualitatif yang didapat dari dokumentasi yang dipadukan dengan teori yang sudah ada.
Hasil analisis menunjukan bahwa shopeepay adalah dompet virtual untuk menyimpan sejumlah uang pengguna yang akan digunakan lain waktu untuk transaksi pembayaran dengan cara top up atau isi saldo. Top up shopeepay dapat dilakukan dengan cara klik top up, lalu pilih metode top up via atm atau alfamart indomart, jika pembayaran lewat atm maka akan muncul kode nomor virtual account, jika menggunakan alfamart atau indomart maka pilih nominal uang dan muncul kode pembayaran. Setelah itu lakukan pembayaran sesuai metode top up yang dipilih. Sistem seperti itu dalam hukum islam disebut wadi’ah. Sesuai Fatwa DSN-MUI tentang giro pada ketentuan umum point ketiga promo ini termasuk hadiah yang disyaratkan dengan ketentuan pembayaran lewat shopeepay. Tinjauan hukum Islam tentang sistem promo pada jual beli online shopee adalah bahwa promo yang didapat dari transaksi pembayaran pada shopeepay termasuk hadiah karena tidak dikaitkan dengan berapa jumlah top up melainkan terkait promo perusahaan maka dibolehkan menurut hukum islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli online; Akad Wadi’ah; Shopeepay; Promo
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Nur Aeni Safira
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:33
Last Modified: 08 Apr 2022 07:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15739

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics