Praktik penipuan dalam jual beli online dan penegakan hukumnya di Ditreskrimsus Polda Jawa Jengah

Wardhana, Maristo Barca Vicgor (2021) Praktik penipuan dalam jual beli online dan penegakan hukumnya di Ditreskrimsus Polda Jawa Jengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602056061_MARISTO_BARCA_VICGOR_WARDHANA] Text (SKRIPSI_1602056061_MARISTO_BARCA_VICGOR_WARDHANA)
SKRIPSI_1602056061_MARISTO_BARCA_VICGOR_WARDHANA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan zaman semakin modern, menjadikan kompetisi dan gengsi dalam segala lapisan kehidupan, salah satunya yaitu pada dunia bisnis. Pada praktiknya ada beberapa transaksi jual beli online yang menunjukan adanya unsur penipuan yaitu dalam bentuk manipulasi antara pihak-pihak tertentu, hingga melibatkan antar negara. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana praktik penipuan dalam jual beli online? (2) Bagaimana penegakan hukum praktik penipuan jual beli online di Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah?
Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan pendekatan penelitian hukum yuridis empiris yaitu suatu penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan hukum normatif secara in action pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi di dalam masyarakat. Penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu: wawancara, dan observasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama praktik penipuan online biasa dijumpai pada platform online. Pelaku menggunakan beberapa modus penipuan seperti memanipulasi para pihak hingga akses illegal menggunakan carding. Kedua, Penegakan Hukum tindak pidana penipuan online di Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah telah dilakukan sesuai dengan aturan hukum pidana yaitu Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan UU ITE mulai dari penyelidikan yaitu pengumpulan alat-alat bukti, saksi-saksi, memanggil pihak-pihak terkait hingga penangkapan tersangka serta pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penipuan; Jual beli online; Penegakan hukum
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Zelina Rosalino
Date Deposited: 09 Apr 2022 02:51
Last Modified: 09 Apr 2022 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15825

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics