Hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) dengan sportivitas bertanding di SMA N 3 Purwokerto

Ma’ruf, Amar (2020) Hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) dengan sportivitas bertanding di SMA N 3 Purwokerto. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016094_AMAR_MA_RUF] Text (SKRIPSI_1603016094_AMAR_MA_RUF)
SKRIPSI_1603016094_AMAR_MA_RUF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) dengan Sportivitas Bertanding di SMA N 3 Purwokerto. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita sikap sportif atlet, terutama atlet muda pada akhir-akhir ini tidak mengetahui makna sebenarnya dari sportivitas. SMA N 3 Purwokerto merupakan sekolah yang terkenal dengan atletnya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengambil obyek di tempat itu dan melakukan penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Sportivitas bertanding di SMA N 3 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research), dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sample yang digunakan yaitu random sampling dengan jumlah responden sebanyak 90 siswa yang menjadi atlet. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua metode, yaitu metode angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data terkait dengan sportivitas, metode dokumentasi digunakan untuk data nilai responden.
Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) memiliki nilai rata-rata 83,9 dan masuk dalam kategori “cukup” masuk dalam interval 81,343 – 86,457. Kemudian sportivitas bertanding memiliki nilai rata-rata 84,33 dan masuk dalam kategori “cukup” dalam interval nila 81,006 – 87,654. Berdasarkan hasil analisis, hubungan dua variabel yaitu Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) dengan Sportivitas Bertanding di SMA N 3 Purwokerto diperoleh perhitungan rxy = 0,655 yang lebih besar dari rtabel = 0,205 yang artinya ada hubungan yang positif antara kedua variabel. Dan diperoleh thitung = 10,75 yang lebih besar dari ttabel = 1,66 yang artinya hubungan kedua variabel dinyatakan signifikan.
Peneliti berharap dengan dilakukanya penelitian ini bisa menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi semua pihak yang membutuhkan di lingkungan sekolah SMA N 3 Purwokerto. Selain itu, untuk atlet di SMA N 3 Purwokerto dapat meningkatkan akhlak kepribadianya dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Pendidikan Agama Islam; Sportivitas bertanding
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zelina Rosalino
Date Deposited: 23 Apr 2022 01:29
Last Modified: 23 Apr 2022 01:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15827

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics