Analisis pelaksanaan program bantuan ternak sapi ditinjau dari akad wadhi’ah yad dhamanah (studi kasus Dusun Tlogo Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak)

Rochama, Esty (2020) Analisis pelaksanaan program bantuan ternak sapi ditinjau dari akad wadhi’ah yad dhamanah (studi kasus Dusun Tlogo Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036030_ESTY_ROCHAMA] Text (SKRIPSI_1602036030_ESTY_ROCHAMA)
SKRIPSI_1602036030_ESTY_ROCHAMA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan program bantuan ternak sapi di Dusun Tlogo Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak yaitu program bantuan ternak sapi dari pemerintah yang sudah dilimpahkan ke desa untuk diberikan kepada masyarakat, dan bantuan ternak sapi yang diberikan berupa sapi bunting. Bagi setiap masyarakat yang mendapatkan bantuan ternak sapi, dalam waktu 3 tahun wajib menggulirkan ternak sapi tersebut ke masyarakat lain. Adapun selama pemeliharaan sapi tersebut segala resiko yang terjadi pada sapi menjadi tanggungjawab si penerima bantuan. Adapun sapi yang harus digulirkan harus berupa sapi bunting (sapi awal dia mendapatkan bantuan)
Pokok permasalahan dalam penelitian ini difokuskan pada bagaimana Pelaksanaan Program Bantuan Ternak Sapi di Dusun Tlogo Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak dan bagaiamana Pelaksanaan Program Bantuan Ternak Sapi di Dusun Tlogo Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak ditinjau dari akad wadh’iah yad dhamanah.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian hukum menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian non doctrinal (empiris). Adapun objek penelitian ini adalah pelaksanaan program bantuan ternak sapi di Dusun Tlogo Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu masyarakat penerima bantuan ternak sapi, dan data sekunder yaitu diperoleh dari buku-buku, jurnal, maupun artikel-artikel internet. Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif .
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan penulis adalah bahwa pelaksanaan program bantuan ternak sapi sangat bermanfaat dan membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya khususnya bagi mayarakat Dusun Tlogo Desa Batursari. Dalam hukum Islam pelaksanaan program bantuan ternak sapi ini sudah memenuhi syarat dan rukun dalam akad penitipan barang (wadhi'ah yad dhamanah). Akan tetapi dalam menggulirkan ternak belum sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam hukum islam, karena adanya perbedaan ciri-ciri pada sapi awal, sehingga adanya perbedaan tersebut pihak penerima bantuan selanjutnya merasa dirugikan. Meskipun begitu tidak ada pertentangan antara penerima bantuan (pertama) dengan penerima bantuan (kedua) mengenai perbedaan pada ciri-ciri pada sapi yang diterima karena kedua belah pihak sudah saling rela.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wadhi’ah yad dhamanah; Ternak sapi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Risalatul Muawanah
Date Deposited: 16 Apr 2022 04:33
Last Modified: 16 Apr 2022 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15843

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics