Pemetaan sosial untuk perencanaan pengembangan sumber daya manusia di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes

Khasanah, Ira Fidiyatun (2020) Pemetaan sosial untuk perencanaan pengembangan sumber daya manusia di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046038_IRA_FIDIYATUN_KHASANAH] Text (SKRIPSI_1601046038_IRA_FIDIYATUN_KHASANAH)
SKRIPSI_1601046038_IRA_FIDIYATUN_KHASANAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pemetaan sosial merupakan proses penggambaran masyarakat yang melibatkan pengumpulan data dan informasi untuk memahami kondisi sosial masyarakat lokal, termasuk didalamnya profil, masalah sosial dan kebutuhan yang ada pada masyarakat tersebut. Pemetaan sosial dilakukan dalam rangka perencanaan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sumber daya manusia sebagai salah satu upaya dalam sebuah pembangunan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peta sosial di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes dan (2) bagaimana pemanfaatan pemetaan sosial untuk perencanaan pengembangan sumber daya manusia di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Untuk mendapatkan jawaban diatas, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan objek penelitian, serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Mengenai teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Bentuk penggambaran masyarakat yang akan dipetakan, meliputi aktor yang berperan dalam proses relasi sosial, jaringan sosial, dan masalah sosial yang ada termasuk keberadaan kelompok rentan, serta potensi yang tersedia baik alam maupun manusia. (2) Manfaat dari pemetaan sosial yaitu untuk mengetahuin karakteristik dan kondisi sosial masyarakat, sebagai dasar penyusunan perencanaan suatu program sesuai dengan masalah serta potensi yang ada di wilayah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemetaan sosial; Pengembangan sumber daya manusia
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Saidah Marifah Mz
Date Deposited: 16 Apr 2022 02:45
Last Modified: 16 Apr 2022 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15880

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics