Peran Lembaga Amal Zakat Insan Indonesia (LAZIS) Baiturrahman Semarang dalam pemberdayaan masyarakat melalui program entrepreneur muda Satuan Bina Umat (SABAB)

Rikza, Muhammad (2021) Peran Lembaga Amal Zakat Insan Indonesia (LAZIS) Baiturrahman Semarang dalam pemberdayaan masyarakat melalui program entrepreneur muda Satuan Bina Umat (SABAB). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046049_MUHAMMAD_RIKZA] Text (SKRIPSI_1601046049_MUHAMMAD_RIKZA)
SKRIPSI_1601046049_MUHAMMAD_RIKZA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan memiliki peran yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat. Dalam peran pemberdayaan memiliki tiga peran penting yaitu peran sebagai fasilitator, peran sebagai motivator dan peran sebagai dinamisator. Lembaga Ama Zakat Insan Indonesia (LAZIS) Baiturrahman merupakan salah satu lembaga zakat di Kota Semarang yang melakukan pemberdayaan, salah satu program pemberdayaan yang dilakukan LAZIS Baiturrahman adalah Program Entrepreneur Muda SABAB (EMS). Adanya Program EMS tersebut diharapkan para relawan LAZIS Baiturrahman yang tergabung dalam Satuan Bina Umat (SABAB) semakin maju dan memiliki skill serta kemampuan yang bagus khususnya dalam dunia bisnis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peran Lembaga Amal Zakat Insan Indonesia (LAZIS) Baiturrahman dalam pemberdayaan masyarakat melalui program Entrepreneur Muda SABAB. Untuk mendapatkan jawaban di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan objek penelitian. Dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran LAZIS Baiturrahman dalam pemberdayaan masyarakat melalui program entrepreneur muda sabab dimulai dengan penguatan karakter berbisnis, aspek produksi, dan pemasaran produk melalui pelatihan dan motivasi untuk berbisnis. Selain itu LAZIS memiliki 3 peran uatama untuk memberdayakan masyarakat yaitu peran sebagai fasilitaor, peran sebagai motivator dan peran sebagai dinamisator.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lembaga Amal Zakat Insan Indonesia (LAZIS); Pemberdayaan Masyarakat; Entrepreneur; Satuan Bina Umat (SABAB)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dely Tresia Putri
Date Deposited: 16 Apr 2022 07:29
Last Modified: 16 Apr 2022 07:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15896

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics