Pemberdayaan perempuan melalui program batik tulis : studi pada pusat kegiatan belajar masyarakat Basmala Desa Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan

Al Abbasy, Khabib (2021) Pemberdayaan perempuan melalui program batik tulis : studi pada pusat kegiatan belajar masyarakat Basmala Desa Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046043_KHABIB_AL_ABBASY] Text (SKRIPSI_1601046043_KHABIB_AL_ABBASY)
SKRIPSI_1601046043_KHABIB_AL_ABBASY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Khabib Al Abbasy (1601046043): Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Batik Tulis (Studi Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Basmala Desa Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan).
Pemberdayaan perempuan menjadi masalah yang amat sangat penting untuk dilakukan. Pemberdayaan terhadap perempuan dapat dilakukan dengan memberi perhatian lebih terhadap perolehan pendapatan bagi kaum perempuan melalui pemberian peluang atau kesempatan yang sekiranya dapat mendorong perempuan menjadi yang lebih produktif. Program PKBM Basmala adalah salah satu program pemerintah dalam bidang pemberdayaan perempuan yang berupaya mengangkat status dan peran perempuan dari ketidak mandirian secara ekonomi dengan memberikan kemampuan atau suatu kekuatan pada perempuan untuk dapat menjadi perempuan yang mandiri dengan potensi yang ada pada diri mereka.
Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yakni:(1) Bagaimana proses pemberdayaan perempuan melalui program Batik Tulis di PKBM Basmala Desa Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.(2) Bagaimana hasil dari pemberdayaan perempuan melalui program Batik Tulis di PKBM Basmala Desa Tambakan Gubug Kabupaten Gerobogan. Tujuan dari penelitian ini adalah:(1) Untuk mengetahui proses pemberdayaan perempuan di PKBM Basmala Desa Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.(2) Untuk mengetahui hasil yang dicapai oleh Pemberdayaan Perempuan di PKBM Basmala Desa Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan tahap analisa data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap sebelum di lapangan, tahap selama di lapangan, dan tahap kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil Penelitian ini dapat diketahui bahwa program pemberdayaan perempuan melalui Batik Tulis PKBM Basmala di Desa Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan adalah melalui beberapa tahap yakni: Tahap penyadaran, Tahap pengkapasitasan, Tahap pendayaan. Adapun hasil dari pemberdayaan prempuan melalui Batik Tulis PKBM Basmala di Desa Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Adalah melalui beberapa aspek yakni: aspek pendidikan, aspek politik, aspek budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan perempuan; Batik tulis; Pusat kegiatan belajar masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 646 Sewing, clothing, personal living
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Maulida Qurrotu'ain
Date Deposited: 16 Apr 2022 03:07
Last Modified: 16 Apr 2022 03:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15897

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics