Pemberdayaan berbasis komunitas : studi pada pedagang Pasar Sore Karangrandu Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara

Mursidi, Mursidi (2021) Pemberdayaan berbasis komunitas : studi pada pedagang Pasar Sore Karangrandu Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046060] Text (SKRIPSI_1601046060)
SKRIPSI_1601046060_MURSIDI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Pemberdayaan komunitas merupakan serangkaian kegiatan untuk memperkuat kekuasaan atau keberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat, termasuk individu yang mengalami berbagai masalah. Desa Karangrandu merupakan salah satu desa yang sudah melakukan pemberdayaan, dimana hasil dari pemberdayaan tersebut menghasilkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa yang ingin menjadi pedagang. Adanya Pasar Sore Karangrandu tersebut maka membuat masyarakat desa karangrandu menjadi berdaya dan sejahtera .
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pemberdayaan komunitas pedagang Di pasar sore karangrandu Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara dan (2). Bagaimana hasil pemberdayaan komunitas pedagang Pasar Sore Karangrandu Kecamatan Pecangan Kabupaten Jepara. Untuk mendapatkan jawaban di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan objek penelitian. Dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pemberdayaan yang dilakukan Pasar Sore Karangrandu di Desa Karangrangdu dimulai dengan Tahap persiapan, Tahap pengkajian “assessment”, Tahap pengkajian “assessment”, Tahap perencanaan alternatif program atau kegiatan, Tahap pemformalisasi rencana aksi, Tahap evaluasi, Tahap terminasi. (2) Hasil Pemberdayaan Komunitas Pedagang Pasar Sore Karangrandu (PSK) yaitu: Perbaikan usaha “better business”, Perbaikan pendapatan “better income”, Perbaikan pendapatan “better income”, Perbaikan lingkungan “better environment”, Perbaikan masyarakat “better community”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Komunitas; Pedagang; Pasar tradisional
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rifqi Maulana
Date Deposited: 23 Apr 2022 01:45
Last Modified: 23 Apr 2022 01:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15905

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics