Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya lele dan olahannya (studi pada komunitas rumah pemberdayaan masyarakat di Desa Bangunrejo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal)

Fahmi, Zidni (2021) Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya lele dan olahannya (studi pada komunitas rumah pemberdayaan masyarakat di Desa Bangunrejo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal). Undergraduate (S1) thesis, Universutas Negri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046064_ZIDNI_FAHMI] Text (SKRIPSI_1601046064_ZIDNI_FAHMI)
SKRIPSI_1601046064_ZIDNI_FAHMI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

dengan berbagai bidang pembangunan lainnya yang ditandai dengan pengangguran, keterbelakangan, dan ketidakberdayaan. Salah satu bentuk dalam menanggulangi penyebab kemiskinan adalah melakukan pembaharuan atau berinovasi terhadap program-program pengentasan kemiskinan. Pengembangan pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan cara mengembangkan potensi yang ada dalam masyarakat itu sendiri. Salah satu komunitas yang membantu tercapainya pertumbuhan ekonomi masyarakat adalah komunitas Rumah Pemberdayaan Masyarakat, yang merupakan salah satu upaya pemberdayaan terhadap masyarakat di Desa Bangunrejo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Salah satu program Pemberdayaan Masyarakat yang ada di komunitas Rumah Pemberdayaan Masyarakat Desa Bangunrejo adalah melalui budidaya lele dan olahannya. Budidaya lele dan olahannya merupakan salah satu upaya yang tepat untuk memberdayakan masyarakat di Desa Bangunrejo, untuk memperbaiki keadaan ekonomi masyarakat yang tergolong dalam ekonomi menengah kebawah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui budidaya lele dan olahannya di komunitas Rumah Pemberdayaan Masyarakat Desa Bangunrejo dan bagaimana hasil yang dicapai oleh Komunitas Rumah Pemberdayaan Masyarakat Desa Bangunrejo.
Penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan mengenai proses dan hasil pemberdayaan masyarakat melalui budidaya lele dan olahannya oleh komunitas Rumah Pemberdayaan Masyarakat Desa Bangunrejo, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan gejala-gejala masalah sosial masyarakat dan mengumpulkan data atau informasi yang disusun dan dijelaskan serta dianalisis. Teknik dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu dengan tahap: Reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) Proses Pemberdayaan Masyarakat melalui budidaya lele dan olahannya pada komunitas Rumah Pemberdayaan Masyarakat Desa Bangunrejo melalui: sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui budidaya lele dan olahannya, penyadaran potensi Sumberdaya Manusia, pelatihan budidaya lele herbal, pelaksanaan budidaya lele dan pengolahan lele, pengembangan komunitas budidaya lele dan berbagai jenis olahan lele. 2) Hasil pemberdayaan masyarakat melalui budidaya lele dan olahannya pada komunitas Rumah Pemberdyaan Masyarakat Desa Bangunrejo dapat dilihat dari peningkatan masyarakat dalam aspek ekonomi, pengetahuan, lingkungan dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunitas rumah pemberdayaan; Budidaya lele
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ulfida Indirasari
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:08
Last Modified: 25 Apr 2022 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15906

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics