Pengembangan masyarakat Islam di era kekhalifahan Umar bin Khathab : studi tentang peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui baitulmal

Anshorulloh, Shibghoturrohman (2020) Pengembangan masyarakat Islam di era kekhalifahan Umar bin Khathab : studi tentang peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui baitulmal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046051_Shibghoturrohman_Anshorulloh;] Text (SKRIPSI_1601046051_Shibghoturrohman_Anshorulloh;)
SKRIPSI_1601046051_Shibghoturrohman_Anshorulloh;.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Shibghoturrohman Anshorulloh (1601046051). “Pengembangan Masyarakat Islam di Era Kekhalifahan Umar bin Khaththab (Studi tentang Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Baitulmal)”. Program Strata 1 (S.1) jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang 2020.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan akademik tentang peningkatan kesejahteraan masyarakat pada awal-awal munculnya Islam sebagai sebuah peradaban, dimana persoalan kesejahteraan merupakan tugas Nabi Muhammad saw dalam membimbing masyarakatnya agar hidup manusia menjadi sejahtera baik di dunia maupun di akhirat. Persoalan kesejahteraan saat itu tidak lepas dari peran baitulmal, dimana di era Umar muncul suatu gagasan tentang dikembangkannya manajemen dan administrasi Baitulmal. Posisi Baitulmal saat itu menjadi lembaga keuangan negara dalam mengayomi masyarakat, sehingga sangat strategis dalam memperbaiki persoalan kemiskinan, ketakutan, kebodohan, ketidakadilan, keterlantaran, dan ketidakberdayaan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan historis. dan menggunakan studi kepustakaan atau library research. Analisa datanya adalah dengan menghimpun data sejarah, meneliti apakah data-data itu adalah bukti-bukti sejarah yang valid, menginterpretasi untuk menetapkan makna dari bukti-bukti sejarah yang telah terverifikasi kebenarannya, kemudian menyajikan hasil sintesis yang diperoleh dalam bentuk sebuah kisah sejarah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, pengembangan masyarakat Islam di era Umar meliputi seluruh dimensi kehidupan, baik aspek ekonomi, sosial, politik, hukum dan spiritual. Aspek ekonomi menggunakan pendekatan komunitas (The community approach) dengan menerapkan prinsip-prinsip pemberdayaan, partisipasi, menghargai keterampilan masyarakat dan menggunakan sumber daya lokal. Aspek sosial menggunakan pendekatan konflik kekuatan (The power-conflict approach), dengan menerapkan prinsip-prinsip pemberdayaan dan perdamaian. Aspek politik menggunakan pendekatan demontrasi (The demonstration approach), dengan menerapkan prinsip-prinsip inklusivitas, anti kolonialisme, membangun kesatuan masyarakat, kerjasama dan konsesnsus serta prinsip berkelanjutan. Aspek hukum menggunakan pendekatan konflik kekuatan (The power-conflict approach) dengan menerapkan prinsip inklusivitas, mengatasi struktur yang merugikan dan mengatasi wacana-wacana yang merugikan. Sedangkan aspek spiritual menggunakan pendekatan eksperimental (The experimental approach) dengan menerapkan prinsip perdamaian dan langkah pembangunan. Kedua, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Baitulmal di masa Umar adalah dengan mewujudkan jaminan sosial, pemberdayaan sosial, perlindungan sosial, dan pembangunan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan masyarakat Islam; Kesejahteraan; Baitulmal; Umar bin Khattab; Sejarah Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mega Adjie Wikhda
Date Deposited: 23 Apr 2022 01:32
Last Modified: 23 Apr 2022 01:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15916

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics