Pengaruh pelaksanaan shalat dhuha terhadap akhlak siswa kepada guru di SMP Islam Asy-Syafi`iyyah Jepara tahun ajaran 2013/2014.

Burhanuddinsyah, M. Haris (2013) Pengaruh pelaksanaan shalat dhuha terhadap akhlak siswa kepada guru di SMP Islam Asy-Syafi`iyyah Jepara tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111066_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093111066_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of 093111066_Bab1.pdf]
Preview
Text
093111066_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 093111066_Bab2.pdf]
Preview
Text
093111066_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (592kB) | Preview
[thumbnail of 093111066_Bab3.pdf]
Preview
Text
093111066_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 093111066_Bab4.pdf]
Preview
Text
093111066_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111066_Bab5.pdf]
Preview
Text
093111066_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 093111066_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111066_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelaksanaan shalat dhuha terhadap akhlak siswa kepada guru di SMP Islam Asy-Syafi`iyyah Desa Pekalongan Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 40 responden yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX menggunakan teknik random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan intrumen angket untuk mencari data pelaksanaan shalat dhuha (X) dan akhlak siswa kepada guru (Y), dan informasi dokumentasi untuk mendapatkan dokumen tentang pelaksanaan shalat dhuha. Adapun metode analisi data yang digunakan adalah teknik analisis regresi.
Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 38 diperoleh Ftabel sebesar 4,10 sedang Freg sebesar 15,821. Jika dibandingkan keduanya Freg = 15,821 > Ftabel ( 0,05 ; 1,38) = 4,10. Kemudian pada taraf signifikansi 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 38 diperoleh Ftabel sebesar 7,35 sedang Freg sebesar 15,821. Jika dibandingkan keduanya Freg = 15,821 > Ftabel ( 0,01 ; 1,38) = 7,35. Sedangkan sumbangan (X) terhadap ( ) sebesar 0,294 (29,4%) dengan persamaan garis regresinya yaitu,
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis variabel pelaksanaan shalat dhuha dan variabel akhlak siswa kepada guru di SMP Islam Asy-Syafi`iyyah Jepara. pada taraf signifikansi 0,01 dan 0,05 keduanya menunjukan signifikan, berarti variabel pelaksanaan shalat dhuha berpengaruh positif dan signifikan terhadap akhlak siswa kepada guru di SMP Islam Asy-Syafi`iyyah Jepara.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khasanah ilmu pengetahuan dan civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan SMP Islam Asy-Syafi`iyyah Jepara, dan juga bagi dewan guru agar senantiasa memberikan perhatian dan bimbingan kepada peserta didik melalui program shalat Dhuha sehingga peserta didik dapat meningkatkan akhlak yang baik kepada guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Shalat Dhuha; Akhlak Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Mar 2014 07:57
Last Modified: 04 Mar 2014 07:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics