Analisis metode penentuan arah kiblat Badan Hisab Rukyah Daerah Kabupaten Tegal

Raziki, Mufazi (2021) Analisis metode penentuan arah kiblat Badan Hisab Rukyah Daerah Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602046111_MUFAZI_RAZIKI] Text (SKRIPSI_1602046111_MUFAZI_RAZIKI)
SKRIPSI_1602046111_MUFAZI_RAZIKI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Arah kiblat merupakan salah satu hal yang dibahas dalam khazanah ilmu falak. Seiring berkembangnya zaman, ilmu mengenai arah kiblat juga mengalami kemajuan, mulai dari teori, rumus hingga metode yang digunakan. Hal tersebut kemudian berdampak pula pada perbedaan-perbedaan dari hasil perhitungan serta tingkat keakuratannya. Penelitian ini membahas tentang metode yang digunakan Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Tegal, yang mana dalam metode tersebut menggunakan alat bantu berupa busur derajat.
Pokok pembahasan dalam penelitian ini adalah tentang konsep metode tersebut, bagaimana penjelasan metodenya, pengaplikasian di lapangan seperti apa serta menganalisis seberapa akurat metode tersebut untuk menentukan arah kiblat.
Penelitian ini bersifat lapangan ( field research ) , yang mana wawancara pada pihak-pihak BHRD Kabupaten Tegal sebagai data primernya. Sedangkan data sekunder, diambil dari berbagai buku yang berkaitan dengan arah kiblat. Lalu untuk menganalisis data yang diperoleh, digunakanlah analisis deskriptif, dengan maksud untuk menggali lebih dalam bagaimana metode penentuan arah kiblat yang digunakan oleh BHRD Kabupaten Tegal, yang kemudian untuk menganalisis keakuratan penentuan arah kiblat metode tersebut penulis akan mengkomparasikan dengan metode Istiwa`aini.
Hasil dari penelitian yang penulis lakukan, yaitu sembilan tempat yang meliputi tiga musala, tiga masjid dan tiga pemakaman, yang diukur menggunakan metode pengukuran arah kiblat BHRD Kabupaten Tegal dan dibandingan dengan metode Istiwa`aini, menghasilkan beberapa temuan, yaitu enam tempat dengan selisih yang masih bisa ditoleransi, serta tiga tempat dengan selisih yang melebihi batas minimal bisa toleransi. Hal tersebut mengindikasikan, dalam penggunaan metode oleh BHRD Kabupaten Tegal masih memiliki kekurangan dan dalam praktiknya harus dengan kehati-hatian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat; Hisab; Rukyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fiqya Ainatul Latifa
Date Deposited: 23 Apr 2022 02:17
Last Modified: 23 Apr 2022 02:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15943

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics