Konsep pendidik menurut al-Qur’an surah Ar-Rahman ayat 1-4
Rofi’ah, Nurus Saniyatin (2013) Konsep pendidik menurut al-Qur’an surah Ar-Rahman ayat 1-4. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111096_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093111096_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (333kB) | Preview
093111096_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (585kB) | Preview
093111096_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (862kB) | Preview
093111096_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (354kB) | Preview
093111096_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (56kB) | Preview
093111096_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (186kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang konsep pendidik menurut Al-Qur’an surah Ar-Rahman ayat 1-4. Kajiannya dilatarbelakangi oleh masalah-masalah pendidikan yang terjadi khususnya di Indonesia, yang salah satunya tertuju pada pendidik. Pendidik menduduki posisi tertinggi dalam penyampaian informasi dan pengembangan karakter karena ia yang melakukan interaksi langsung dengan peserta didik. Disinilah kualitas pendidikan terbentuk dimana kualitas pembelajaran yang dilaksanakan ditentukan oleh kualitas pendidik. Di era globalisasi ini, sedikit sekali pendidik yang menyertakan keterpanggilan jiwa dalam proses pembelajaran ataupun menyesuaikan dengan konsep qur’ani sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan Islam, memiliki kecerdasan spiritual yang selalu termotivasi untuk menegakkan nilai-nilai moral yang baik sesuai dengan keyakinan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya konsep pendidik dalam Al-Qur’an surah Ar-Rahman ayat 1-4. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan, dalam hal ini ada dua sumber, yaitu : sumber primer dan sumber sekunder. Guna mencari jawaban dari beberapa permasalahan yang ada di atas, maka digunakan metode Analitis (tahlili). Metode Tahlili adalah metode menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan, serta menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya sesuai dengan keahlian dan kecenderungan mufasir yang menafsirkan ayat-ayat tersebut.
Kajian ini menunjukkan bahwa di dalam surah Ar-Rahman ayat 1-4 terdapat beberapa konsep pendidik, meliputi: (1) Pendidik yang memiliki kepribadian kasih sayang, (2) Pendidik harus berilmu pengetahuan, (3) Pendidik yang dapat mengembangkan potensi anak didiknya, (4) Pendidik yang memiliki keahlian berinteraksi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi para civitas akademik, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang, terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kualitas sebagai seorang pendidik yang berakhlak mulia yang sesuai dengan ajaran agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidik menurut al-Qur’an; Konsep Pendidikan |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Mar 2014 08:06 |
Last Modified: | 04 Mar 2014 08:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1600 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year