Penggunaan aplikasi kedaulatan santri (KESAN) sebagai media dakwah santri Nahdlatul Ulama

Ayu Apriliyanti, Dian (2020) Penggunaan aplikasi kedaulatan santri (KESAN) sebagai media dakwah santri Nahdlatul Ulama. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026070_Dian Ayu Apriliyanti_ Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026070_Dian Ayu Apriliyanti_ Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kecanggihan teknologi membuat para da’i khususnya santri banyak melakukan inovasi-inovasi baru yang dikembangkan untuk memudahkan masyarakat dalam menerima pesan dakwah melalui smartphone. Salah satu contoh aplikasi dakwah adalah Aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN). Peneliti tertarik meneliti aplikasi KESAN ini karena seorang santri harus bisa menyesuaikan perubahan zaman dalam menyampaikan suatu pesan dakwah yang telah dipelajari agar mudah diterima oleh umat muslim keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana seorang santri Nahdlatul Ulama dalam menggunakan aplikasi KESAN sebagai media dakwah sesuai dengan teori tipologi interaksi media dengan orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomologi, teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive. Data yang di peroleh dari penelitian ini bahwa dari 208 pengguna aplikasi KESAN yang tergabung didalam grup whatsapp KESAN II terdapat 13 pengguna santri yang menjadi pengguna pasif KESAN artinya mereka hanya sebagai konsumen saja dan 4 pengguna santri merupakan pengguna aktif KESAN, ia berkontribusi mengirimkan tulisannya untuk dijadikkan konten KESAN. Dari 208 pengguna tersebut, Kemudian 17 pengguna santri tersebut yang dijadikan sebagai informan untuk menggali dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Aplikasi KESAN dikalangan santri Nahdlatul Ulama cukup populer, mengingat aplikasi ini masih sangat baru. Akan tetapi mayoritas para santri menggunakan aplikasi ini untuk menopang ibadahnya. Ada sebagian santri yang menggunakan aplikasi KESAN ini untuk berdakwah menyampaikan pesannya melalui tulisannya ataupun video Islami yang dikirimkan ke KESAN, dari data diatas terdapat 4 santri yang menggunakan aplikasi KESAN dia menjadi seorang da’i yang mengunggah pesan dakwah untuk dijadikkan sebuah konten KESAN, hal tersebut tetap menggunakan sesuai 4 tipologi interaksi media dengan orang menurut teori Denis McQuail yaitu: 1) Pengalihan, 2) Hubungan Personal, 3) identitas pribadi, 4) Pengawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Aplikasi Dakwah; Nahdlatul Ulama
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 23 Apr 2022 03:36
Last Modified: 23 Apr 2022 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16007

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics