Pendidikan sufistik : studi kasus di Asrama Perguruan Islam Pondok-Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang

Zamroni, Hakim (2020) Pendidikan sufistik : studi kasus di Asrama Perguruan Islam Pondok-Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang. Dr/PhD thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of DISERTASI_1600039029_Hakim_Zamroni] Text (DISERTASI_1600039029_Hakim_Zamroni)
1600039029_HAKIM ZAMRONI_FULL DISERTASI - Katabelantara Official.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Diskursus pendidikan sufistik tidak bisa lepas dari perbedaan pendapat kaum sufi yang mengedepankan penyucian hati (tazkiyat al-Nafs) dan kaum filosof muslim parepatetik yang mengedepankan rasio dalam sebuah proses pendidikan. Penelitian ini termotivasi oleh suatu pemikiran bahwasanya Asrama Perguruan Islam Pondok-Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang, berusaha menggabungkan antara aspek penyucian hati (tazkiyat al-Nafs) dan aspek rasio dalam proses pendidikan sufistiknya, proses pendidikan yang ada terlihat unik dan menarik, banyak kelebihanya namun juga ada beberapa kekuranganya.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana tujuan pendidikan sufistik di Asrama Perguruan Islam Pondok-Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang? (2) Bagaimana materi, metode dan media pendidikan sufistik di Asrama Perguruan Islam Pondok-Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang? (3) Bagaimana evaluasi pendidikan sufistik di Asrama Perguruan Islam Pondok-Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang? Permasalahan –permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Asrama Perguruan Islam Pondok-Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang. Pondok-Pesantren tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret proses pelaksanaan pendidikan sufistik di Asrama Perguruan Islam Pondok-Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode deskriptif-analitik dengan pendekatan bayani, burhani dan irfani.
Temuan penelitian ini adalah konsep pendidikan sufistik di Asrama Perguruan Islam Pondok-Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang, yang bertujuan mengintegrasikan antara ilmu, hal dan amal, dengan menggunakan materi ilmu mu’amalah yaitu yang meliputi pembahasan tentang al-Ibadat, al-Adat, al-Muhlikat dan al-Munjiyat. Adapun untuk memperolehnya dengan menggunakan konsep Iktisab, yaitu perpaduan antara aspek rasio dan tazkiyat al-Nafs dengan cara memadukan metode ta’alum wa al-Ta’lim, metode mujahadah dan metode riyadlah, media yang digunakan berupa kitab kuning, ijazah – ijazah, bolpoint, tasbih, sajadah, mushalla, gedung pondok, pendopo, papan tulis dan meja qori’. Sedangkan sistem evaluasinya menggunakan sistem hafalan al-Murad dan nadzam, tamrin dan sangsiran kitab Pendidikan sufistik pada setting Asrama Perguruan Islam Pondok-Pesantren Salaf Tegalrejo Magelang. Dengan demikian dapat mengantarkan santri-santrinya untuk memiliki pengetahuan hakiki yaitu perpaduan antara ilmu, hal dan amal dalam satu kesatuan yang utuh.

Item Type: Thesis (Dr/PhD)
Uncontrolled Keywords: Sufisme; Pondok Pesantren Salaf Tegalrejo; pendidikan sufistik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 23 Apr 2022 06:59
Last Modified: 23 Apr 2022 07:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16014

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics