Strategi tahfidzul Qur’an pada anak usia sekolah dasar : studi kasus di Ponpes Al-HusnaMayong Jepara

Wahdah, Ana Villa (2020) Strategi tahfidzul Qur’an pada anak usia sekolah dasar : studi kasus di Ponpes Al-HusnaMayong Jepara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1600118004_Ana_Villa_Wahdah] Text (TESIS_1600118004_Ana_Villa_Wahdah)
1600118004_Ana Villa Wahdah_Full Tesis - 107-Ana Villa wahdah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Banyak pembahasan tentang strategi pembelajaran hafalan Al-Qur’an telah banyak dilakukan oleh peneliti, namun belum banyak membahas strategi tahfidzul Qur’an pada anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi pembelajaran menghafal Al-Qur’an pada anak usia sekolah di pondok pesantren. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi untuk menggali data kegiatan harian anak-anak menghafal Al-Qur’an. Wawancara berupa pertanyaan tentang perasaan dan pikiran anak saat menghafal Al-Qur’an dan juga apa saja yang dilakukan para guru diluar proses pembelajaran. Wawancara juga diberikan kepada guru dan orangtua terkait spiritual demi keberhasilan anak dalam menghafal Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi tahfidzul Qur’an pada anak usia sekolah dasar mencakup: penciptaan lingkungan kondusif, pemberian stimulus, dan motivasi bagi anak. Pondok pesantren dilengkapi sarana dan prasarana, hingga anak merasa nyaman dan senang dalam menghafal Al-Qur’an. Agar proses penghafalan berjalan efektif, guru dan orangtua memberikan stimulasi berupa hadiah, bila mereka berhasil menghatamkan Al-Qur’an 30 Juz. Selain itu, guru dan orang tua selalu bersam-sama memberikan semangat secara langsung kepada anak. Rekomendasi hasil penelitian ini merekomendasikan, strategi pembelajaran menghafal Al-Qur’an bagi anak di pondok pesantren dapat diterapkan di lembaga Pendidikan Islam yang memiliki program menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; strategi menghafal Al- Qur’an; sekolah dasar.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 28 Apr 2022 02:03
Last Modified: 28 Apr 2022 02:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16035

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics