Pembentukan etika sosial keagamaan peserta didik : studi kasus di SMK Kesehatan Kabupaten Semarang

Rohyani, Ema Siti (2020) Pembentukan etika sosial keagamaan peserta didik : studi kasus di SMK Kesehatan Kabupaten Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1600118005_Ema_Siti_Rohyani] Text (TESIS_1600118005_Ema_Siti_Rohyani)
1600118005_EMASITIROHYANI_PDF - e m a e l s a k h s r.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa kepedulian sosial kurang ditemukan di lingkungan peserta didik program kesehatan. Kemungkinan mereka tidak banyak dikenalkan pentingnya etika sosial keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pembentukan etika sosial keagamaan peserta didik di SMK Kesehatan Darussalam Kab. Semarang. Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi ini dilakukan dengan tiga cara yaitu aspek sumber, metode dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika sosial keagamaan secara faktual ditemukan di dalam budaya kehidupan keseharian peserta didik di SMK Kesehatan Darussalam. Budaya etika sosial keagamaan itu mencakup suka menolong, berderma, silaturahim. Berdasarkan data, pembiasaan etika sosial di kalangan peserta didik tersebut dibentuk melalui pembelajaran PAI, pembelajaran kitab, pembekalan khusus, dan melalui program unggulan sekolah. Hasil penelitian ini merekomendasikan pentingnya etika sosial keagamaan di dalam lembaga pendidikan kesehatan dari SMK hingga pendidikan diatasnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; etika sosial; SMK Kesehatan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 28 Apr 2022 02:16
Last Modified: 28 Apr 2022 02:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16041

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics