Kurikulum pendidikan di panti asuhan berbasis keberagamaan dan kemandirian

Haq, M Sabiq Kamalul (2020) Kurikulum pendidikan di panti asuhan berbasis keberagamaan dan kemandirian. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1600118010_M_Sabiq_Kamalul_Haq] Text (TESIS_1600118010_M_Sabiq_Kamalul_Haq)
1600118010_M SABIQ KAMALUL HAQ_Lengkap - Hai Apa Kabar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Anak panti asuhan identik dengan anak yang kurang percaya diri, inferior, tertekan, dan masalah psikologis lainya. Masalah tersebut bisa dikurangi atau diberi tindakan kuratif dengan cara membuat kurikulum pendidikan berbasis keberagamaan dan kemandirian di Panti Asuhan. Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui kurikulum pendidikan di panti asuhan al Jannah berbasis kemandirian dan keberagamaan; dan menganalisis mengapa kemandirian dan keberagaman menjadi basis kurikulum pendidikan di Panti Asuhan Al Jannah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum di Panti Asuhan Al Jannah dibuat berdasarkan dua masalah, yaitu ketidakmandirian dan kekurangan pemahaman agama anak panti. Maka tujuan dari kurikulumnya adalah menjadikan anak asuh yang mandiri, berwawasan agama dan dapat mengaktualisasikan. Adapun materi agama yang diberikan seperti model di pesantren, sedangkan untuk agama lebih condong ke kewirausahaan. Evaluasi agama dan kemandirian yang diterapkan belum sistematis tertulis secara rapi. Adapun mengapa kemandirian dan keagamaan menjadi basis kurikulum pendidikan di lembaga ini karena anak panti perlu disejajarkan dengan anak lain dalam sosial. Selain itu sebagai strategi pendanaan panti melalui alumni yang sudah mapan dan sejahtera.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; panti asuhan; keberagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 28 Apr 2022 02:28
Last Modified: 28 Apr 2022 02:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16043

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics