Pendidikan spiritual dalam tradisi syawalan lupis raksasa

Ro’is, Muhammad (2020) Pendidikan spiritual dalam tradisi syawalan lupis raksasa. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1600118055_Muhammad_Ro'is] Text (TESIS_1600118055_Muhammad_Ro'is)
FITK_1600118055_MUHAMMAD RO_IS_FULL TESIS - Rais Muhammad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Islam dan budaya memiliki relasi yang tidak terpisahkan. Akan tetapi, dalam agama Islam tentu tidak seharusnya dipahami secara kaku terlebih lagi dalam menghadapi zaman dan perubahannya. Islam selalu memunculkan dirinya dalam bentuk dinamis, ketika menghadapi masyarakat yang dijumpainya dengan beranekaragam budaya, adat kebiasaan atau tradisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan spiritual yang ada dalam tradisi lupis raksasa. Metode penelitian bersifat kualitatif-deskriptif. Artinya peneliti mencari deskripsi yang menyeluruh, mendalam, dan cermat tentang tradisi lupis raksasa. Dengan pendekatan fenomenologis, selanjutnya, digambarkan bagaimana pendidikan nilai spiritual yang ada dalam tradisi tersebut. Dari berbagai pandangan dan analisis peneliti mendapatkan beberapa temuan. Hasil penelitian: Pelaksanaan tradisi syawalan lupis raksasa mempunyai beberapa fungsi yaitu: Fungsi psikologis, fungsi sosial, dan fungsi protektif. Dalam ranah pendidikan spiritual ada beberapa dimensi yaitu: kosmologis, teologis, dan antropologis. Dimensi kosmologis menjabarkan mengenai hubungan masyarakat dalam tradisi lupis dengan alam sekitar. Dimensi teologis menjabarkan mengenai masyarakat dalam tradisi lupis menyangkut hubungan dengan Allah sebagai rasa syukur. Sedangkan dimensi antropologis menjabarkan hubungan antara sesama masyarakat dalam tradisi lupis. Dengan demikian pendidikan spiritual memiliki kaitan yang sangat erat dengan disiplin ilmu tasawuf yang mengetahui cara penyucian jiwa (tazkiyah al-nafs), penjernihan akhlak (tashfiyah al-akhlaq), dan membangun kesejahteraan dan kebahagiaan abadi lahir dan batin.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan spiritual; tradisi lupis; syawalan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 17 May 2022 01:55
Last Modified: 17 May 2022 01:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16052

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics