Studi komparasi hasil tes mata pelajaran fiqh materi pokok puasa Ramadhan antara alat tes completion test dengan short answer test di kelas III MI NU Banat Kudus
Lorida, Viena Rostarika (2013) Studi komparasi hasil tes mata pelajaran fiqh materi pokok puasa Ramadhan antara alat tes completion test dengan short answer test di kelas III MI NU Banat Kudus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911075_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (388kB) | Preview
093911075_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (51kB) | Preview
093911075_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (135kB) | Preview
093911075_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
093911075_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (84kB) | Preview
093911075_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
093911075_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil tes siswa dalam mata pelajaran fiqh materi pokok puasa ramadhan yang diuji dengan alat tes completion test. 2) hasil tes siswa dalam mata pelajaran fiqh materi pokok puasa ramadhan yang diuji dengan alat tes short answer test. 3) Seberapa besar perbedaan hasil tes mata pelajaran fiqh materi pokok puasa ramadhan antara siswa yang diuji dengan alat tes completion test dan yang diuji dengan alat tes short answer test.
Penelitian ini menggunakan metode komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di MI NU Banat Kudus, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas III A, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling (area sampling) yaitu sampling menurut daerah . Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dengan metode dokumentasi sebagai pelengkap. Sebelum instrumen tes digunakan, untuk memperoleh data yang objektif terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda di MI Attarbiyatul Islamiyah.
Data penelitian yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik statistik t-test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dari hasil tes yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata hasil tes siswa pada mata pelajaran fiqh materi pokokpuasa ramadhan yang diuji dengan alat tes completion test sebesar 84,12 dengan ketuntasan belajar 94,11 %. Sedangkan nilai rata-rata hasil tes siswa pada mata pelajaran fiqh materi pokok puasa ramadhan yang diuji dengan alat tes short answer test sebesar 77,35 dengan ketuntasan belajar 91,17 %. Setelah dilakukan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan teknik statistik t-test diperoleh thitung (t0) = 3,424. Ternyata nilai t0 yang diperoleh lebih besar dari harga ttabel baik pada taraf signifikansi 5% yaitu ttabel = 2,000 maupun 1% yaitu ttabel = 2,65. Sehingga hipotesis yang diajukan diterima dan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil tes mata pelajaran fiqh materi pokok puasa ramadhan antara siswa yang diuji dengan alat tes completion test dan siswa yang diuji dengan alat tes short answer test di kelas III MI Banat Kudus.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru dalam menambah variasi bentuk soal ulangan dengan tetap memperhatikan kemampuan siswa dan jenis materi yang akan diujikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pendidikan; Model Test; Fiqh; Model Pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 02:52 |
Last Modified: | 06 Mar 2014 02:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1613 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year