Kajian sejarah perkembangan dakwah Islam di Indonesia dalam program “Singkap” Kompas TV

Pramesti, Zulfa Kintan (2020) Kajian sejarah perkembangan dakwah Islam di Indonesia dalam program “Singkap” Kompas TV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026118_Zulfa Kintan Pramesti_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026118_Zulfa Kintan Pramesti_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sejarah perkembangan dakwah islam di Indonesia memiliki proses sesuai dengan zaman yang dijalani yaitu melalui jalur politik, perkembangan pondok pesantren, pembentukan kader, akulturasi budaya, pengembangan ekonomi dan melaui perkawinan. Penyesuaian proses-proses ini menjadi acuan bagi para da’i dalam mengembangkan dakwah pada masa sekarang. Pada Program “Singkap” ini terdapat tema-tema yang mengandung sejarah perkembangan Islam di Indonesia secara mendalam. Oleh karena itu, peneliti mengambil fokus penelitian tentang proses perkembangan dakwah Islam di Indonesia dalam program “Singkap” Kompas TV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan dakwah Islam di Indonesia dalam program “Singkap” Kompas TV. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi menurut Krippendorff dengan enam tahap analisis meliputi pengunitan, penyamplingan, pencatatan, penyederhanaan, konteks (analisis) dan hasil. Dengan metode pengumpulan data teknik dokumentasi dan meneliti sebanyak lima episode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat proses dakwah yang ada pada program “Singkap” yaitu melalui jalur polotik, jalur pengembangan pondok pesantren, pembentukan kader, dan akulturasi budaya pada masa Walisongo dan penjajahan dalam memperluas dakwah Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Sejarah Dakwah Indonesia; Sejarah Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 28 May 2022 02:50
Last Modified: 28 May 2022 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16141

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics