Implementasi metode mimicry memorization dalam menghafalkan kosakata Arab bagi siswa kelas IV MI Al Khoiriyyah 2 Semarang

Ulfa, Zaimatul (2013) Implementasi metode mimicry memorization dalam menghafalkan kosakata Arab bagi siswa kelas IV MI Al Khoiriyyah 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911079_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911079_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of 093911079_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911079_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 093911079_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911079_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of 093911079_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911079_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 093911079_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911079_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 093911079_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911079_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 093911079_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911079_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (215kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pelaksanaan metode mimicry memorization dalam menghafalkan kosakata Arab bagi siswa kelas IV MI Al Khoiriyyah 2 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa kelas IV yang masih mengalami kesulitan dalam menghafal mufradat. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana implementasi metode mimicry memorization dalam menghafalkan kosakata Arab bagi siswa kelas IV MI Al Khoiriyyah 2 Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Al khoiriyyah 2 Semarang. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan naturalistik dan analisis diskriptif. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MI Al Khoiriyyah 2 Semarang dengan menerapkan metode mimicry memorization berdasarkan pengamatan peneliti, sudah sesuai dengan teori-teori yang ada. Hal ini dapat dilihat dari prosedural pelaksanaan pebelajarannya itu sendiri mulai dari menerangkan prosedur pelaksanaan pembelajaran, melafalkan mufradat berulang-ulang, menirukan mufradat dari guru, menjawab soal dari guru dan menyimpulkan materi pembelajaran. Pelaksanaan metode mimicry memorization dalam menghafalkan kosakata Arab bagi siswa kelas IV MI Al Khoiriyyah 2 Semarang terdapat kelebihan yaitu siswa mampu melafalkan mufradat dengan baik dan fasih, siswa mampu menghafalkan mufradat, siswa lebih aktif dan bersemangat karena pengucapan dilakukan secara serentak, siswa mampu berbicara bahasa Arab sesuai dengan materi yang diajarkan, siswa dilatih daya ingatnya (mampu membedakan suara/bunyi dan lafal-lafal) dengan baik, siswa lebih fokus dengan pengucapan guru, dan suasana kelas lebih hidup karena siswa tidak tinggal diam, harus terus menerus merespon stimulus dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Mimicry Memorization; Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Mar 2014 02:56
Last Modified: 06 Mar 2014 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics