Teknik penyampaian pesan dakwah dalam video klip lagu Cari Berkah karya Wali Band

Riskiyah, Zumaroh Tur (2020) Teknik penyampaian pesan dakwah dalam video klip lagu Cari Berkah karya Wali Band. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601026124_Zumaroh Tur Riskiyah_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601026124_Zumaroh Tur Riskiyah_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan video pada kegiatan dakwah mampu memberikan warna baru dalam menyajikan konsep materi yang sederhana dan ringan serta menyesuaikan permasalahan dilingkungan masyarakat Hal ini menjadi peluang bagi para da’i kontemporer untuk menarik minat mad’u agar tertarik dengan materi dakwah yang disampaikan, seperti dakwah bil lisan dan dakwah bil hal dengan media video. Video klip lagu Cari Berkah karya Wali Band merupakan contoh berdakwah melalui video untuk memberikan pemahaman terhadap nilai-nilai ibadah dan syariah kepada masyarakat terutama bagi orang-orang yang awam akan pemahaman agama serta anak-anak generasi melek media yang mengutamakan kepraktisan dan efisiensi waktu. maka dari itu, peluang tersebut dimanfaatkan oleh Wali Band untuk menarik minat masyarakat dalam mengajak dan menerima materi-materi dakwah secara ringan dan mudah dipahami. Kemudian peneliti mengambil rumusan masalah berupa “bagaimana teknik penyampaian pesan dakwah pada Video klip lagu Cari Berkah karya Wali Band”. Jenis pengumpulan data pada penelitian ini bersifat dokumentasi dan menggunakan pendekatan berjenis kualitatif deskriptif. Pengamatan dilakukan menggunakan media video klip lagu Cari Berkah karya Wali Band sebagai data primer dan beberapa buku, jurnal dan artikel sebagai data sekunder yang memberikan keterangan lengkap pada kajian skripsi ini, data yang didapat oleh peneliti dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi. Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti menghasilkan bahwa peggunaan video sebagai media dakwah memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam menerima dan memahami pesan-pesan yang disampaikan oleh da’i melalui teknik yang ringan, video juga dapat digunakan sebagai wadah untuk menyalurkan opini yang masyarakat sehingga masyarakat lebih mudah untuk mencerna pesan yang disampaikan. Video juga dijadikan sebagai refleksi bagi masyarakat untuk lebih maksimal dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai kehidupan dilingkungan masyarakat dengan landasan Al-Qur’an dan Hadist Nabi. Teknik penyampaian pesan dalam video ditinjau dari dua aspek yaitu Audio dan Visual. Audio hanya meliputi musik sebagai pengiring. Sedangkan Visual meliputi Adegan, teknik pengambilan gambar, dan lokasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Media Dakwah; Alat Dakwah; Dakwah dan Seni
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 04 Jun 2022 03:33
Last Modified: 04 Jun 2022 03:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16184

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics