Peningkatan keterampilan salat fardu melalui metode demonstrasi pada siswa kelas I MI Ma’arif Dukuh kec. Sidomukti kota Salatiga tahun pelajaran 2012/2013

Latifah, Siti (2013) Peningkatan keterampilan salat fardu melalui metode demonstrasi pada siswa kelas I MI Ma’arif Dukuh kec. Sidomukti kota Salatiga tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 113911180_Coverdll.pdf]
Preview
Text
113911180_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (820kB) | Preview
[thumbnail of 113911180_Bab1.pdf]
Preview
Text
113911180_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 113911180_Bab2.pdf]
Preview
Text
113911180_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 113911180_Bab3.pdf]
Preview
Text
113911180_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 113911180_Bab4.pdf]
Preview
Text
113911180_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 113911180_Bab5.pdf]
Preview
Text
113911180_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 113911180_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
113911180_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi dalam pembelajaran salat fardhu di kelas I MI Ma’arif Dukuh Salatiga selama ini para guru lebih menggunakan metode verbalistik, yaitu ceramah dan tanya jawab. Hal ini tidak berarti bahwa metode ceramah tidak baik, melainkan pada suatu saat siswa akan menjadi bosan bila guru berbicara terus sedangkan para siswa duduk diam mendengarkan. Salah metode yang bisa digunakan adalah metode demonstrasi. Demonstrasi metode pembelajaran dimana siswa akan melihat langsung satu pembelajaran dalam sebuah materi secara langsung berkaitan dengan pelajaran itu.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: penerapan metode demonstrasi dapat meningkatan keterampilan salat fardu pada siswa kelas I MI Ma’arif Dukuh Kec. Sidomukti Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2012/2013?
Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan keterampilan salat fardu di kelas I MI Ma’arif Dukuh Kec. Sidomukti Kota Salatiga, hal ini terlihat antusiasme siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan dimana siswa lebih aktif melaksanakan proses pembelajaran dan aktif mempraktekkan salat fardhu, selain itu ketepatan gerakan dan bacaan salat siswa setelah menggunakan metode demonstrasi semakin baik. Besaran efektifitas penerapan metode demonstrasi bagi peningkatan ketepatan keterampilan salat fardu di Kelas I MI Ma’arif Dukuh Kec. Sidomukti Kota Salatiga di lihat dari prosentase kenaikan nilai praktek gerakan dan bacaan salat fardu dimana pra siklus ada 10 siswa atau 41.7%, pada siklus I ada 17 siswa atau 70.8%meningkat lagi pada siklus II yaitu ada 22 siswa atau 91.7%, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar terdapat kenaikan per siklus peningkatan kemampuan gerakan fardhu salat tiap siklusnya dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan pada pra siklus ada 14 siswa atau 59%, pada siklus I ada 16 siswa atau 67%meningkat lagi pada siklus II yaitu ada 22 siswa atau 92%. Begitu juga kemampuan bacaan salat tiap siklusnya mengalami peningkatan dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan pada pra siklus ada 9 siswa atau 37%, siklus I ada 16 siswa atau 67% meningkat lagi pada siklus II yaitu ada 22 siswa atau 92%. Hasil ini sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu dengan pada kategori baik dan baik sekali sebanyak 90% dari seluruh jumlah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Salat Fardu; Metode Demonstrasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Mar 2014 09:51
Last Modified: 15 Nov 2021 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1619

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics