Analisis strategi promosi dalam pemasaran jasa pendidikan di MA Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati

M. Lutfi, Bachtiar (2021) Analisis strategi promosi dalam pemasaran jasa pendidikan di MA Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1403036036_M. LUTFI BACHTIAR_LENGKAP] Text (SKRIPSI_1403036036_M. LUTFI BACHTIAR_LENGKAP)
1403036036_Muhammad Lutfi B_Full Skripsi - Lutfi Bachtiar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Strategi promosi dalam pemasaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan permasaran produk atau jasa di dalam perusahaan maupun lembaga pendidikan. Sebab, strategi menentukan sasaran dan tujuan pemasaran, sehingga pemasaran akan fokus pada hasil yang diharapkan. Dalam penelitian ini, peneliti medeskripsikan dan menganalisis strategi promosi dalam pemasaran jasa pendidikan di MA Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati serta hasil dari strategi promosi yang digunakan .
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini, yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan triangulasi data. Adapun teknis analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MA Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati menggunakan beberapa strategi promosi dalam memasarkan lembaga pendidikannya, yaitu dengan Promosi secara langsung, dilakukan dengan media cetak dan media sosial. Kemudian dengan promosi secara tidak langsung dilakukan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan sosial, seperti seminar atau pengajian, dan perlombaan. Terakhir yaitu Word of Mouth yaitu promosi melalui informasi dari mulut ke mulut. Berdasarkan analisis, strategi yang paling efektif terhadap peningkatan jumlah peserta didik setiap tahunnya adalah strategi secara tidak langsung, seperti melalui kegiatan sosial dan Word of Mouth.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: pemasaran; strategi promosi; jasa; pemasaran jasa pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 24 Jun 2022 06:14
Last Modified: 24 Jun 2022 06:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16231

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics