Hubungan antara hafalan Al-Qur’an dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV MI Matholi’ul Falah Wedung Demak tahun pelajaran 2021/2022

Kharisma, Himmatul Aliyah (2021) Hubungan antara hafalan Al-Qur’an dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV MI Matholi’ul Falah Wedung Demak tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of KSRIPSI_1803096091_Himmatul Aliyah Kh._Full] Text (KSRIPSI_1803096091_Himmatul Aliyah Kh._Full)
1803096091_Himmatul Aliyah Kh._Full Skripsi - Himmatul Aliyah Kharisma UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan hafalan al-Qur’an siswa kelas IV MI Matholi’ul Falah Wedung Demak tahun pelajaran 2021/2022, (2) mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas IV MI Matholi’ul Falah Wedung Demak tahun pelajaran 2021/2022 (3) mengetahui hubungan antara hafalan al-Qur’an dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas IV MI Matholi’ul Falah Wedung Demak tahun pelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Matholi’ul Falah yang berjumlah 27 siswa.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Semua data dikumpulkan dengan metode dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik product moment person.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) hafalan al-Qur’an kelas IV MI Matholi’ul Falah Wedung Demak berada pada kategori cukup dengan prosentase sebesar 51,8% (2) Prestasi belajar siswa mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas IV MI Matholi’ul Falah Wedung Demak berada pada kategori cukup dengan prosentase sebesar 74,1% (3) Hasil analisis teknik product moment person yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel hafalan al-Qur’an dengan prestasi belajar pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas IV MI Matholi’ul Falah Wedung Demak dengan kontribusi hafalan al-Qur’an sebesar 76,7% terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran al-Qur’an hadits sedangkan 23,3% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hafalan Al-Qur’an; Prestasi belajar; Al Qura'an Hadis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 07:43
Last Modified: 11 Jun 2022 07:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16239

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics