Manajemen kurikulum program akselerasi di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang
Pradipta, Adhitya Sakti (2013) Manajemen kurikulum program akselerasi di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093311001_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (832kB) | Preview
093311001_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (100kB) | Preview
093311001_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (316kB) | Preview
093311001_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (93kB) | Preview
093311001_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (231kB) | Preview
093311001_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (93kB) | Preview
093311001_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.) Perencanaan kurikulum program akselerasi di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. 2.) Pelaksanaan Kurikulum Program Akselerasi di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. 3.) Evaluasi Kurikulum Program Akselerasi di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui: Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.
Kesimpulan penelitian yang dihasilkan: Pertama, kegiatan perencanaan kurikulum di SD Hj. Isriati baiturrahman 1 Semarang ini meliputi kegiatan penyusunan program tahunan, program semesteran, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan kalender pendidikan. Dalam kegiatan perencanaan tersebut melibatkan personil sekolah diantaranya kepala sekolah, kasi kurikulum, pengelola akselerasi dan guru. Kegiatan rencana ini biasa dilakukan pada saat rapat kerja di sekolah selama tiga hari pada waktu akhir libur semester dua untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang akan digunakan pada awal tahun ajaran baru. Kedua, kegiatan pelaksanaan kurikulum ini tidak terlepas dari kurikulum yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, tetapi dalam program akselerasi lebih cenderung ke pemadatan waktu yang tadinya dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun menjadi 2 tahun saja, dan sekaligus di dalamnya terdapat pemadatan materi. Ketiga, Evaluasi kurikulum program akselerasi dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan untuk memperoleh kemajuan informasi tentang kemajuan dan keberhasilan belajar siswa, yaitu melalui ulangan harian, ulangan umum dan ujian akhir sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum; Program Akselerasi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 10:02 |
Last Modified: | 06 Mar 2014 10:02 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1625 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year