Mikrozonasi indeks kerentanan seismik dan klasifikasi tanah berdasarkan data distribusi Vs 30 di Kota Semarang menggunakan Python

Rosyilaray, Dewi Putri (2021) Mikrozonasi indeks kerentanan seismik dan klasifikasi tanah berdasarkan data distribusi Vs 30 di Kota Semarang menggunakan Python. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1708026002_Dewi Putri Rosyilaray_Full Skripsi] Text (1708026002_Dewi Putri Rosyilaray_Full Skripsi)
1708026002_DEWI PUTRI ROSYILARAY_LENGKAP TUGAS AKHIR - Putri Rosyilaray.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai klasifikasi tanah, frekuensi dominan, amplifikasi tanah, indeks kerentanan seismik dan bagaimana indeks kerentanan seismik berdasarkan data distribusi Vs30 di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dapat diakses diwebsite USGS kemudian diolah menggunakan bahasa pemrograman python.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai 〖Vs〗_30 di wilayah penelitian berkisar 200 m/- 600 m/s. Wilayah penelitian terdiri dari tanah sedang (SD), tanah sangat padat dan batuan lunak (SC). Secara keseluruhan wilayah penelitian didominasi dengan tanah sedang, seperti: Ngaliyan, Gunungpati, Tugu, Banyumanik, Tembalang dan beberapa wilayah lainnya. Beberapa bagian wilayah penelitian yang berada di perbukitan memiliki jenis tanah sangat padat dan batuan lunak. Nilai frekuensi dominan di daerah penelitian berada pada rentang 2 Hz – 5,5 Hz. Frekuensi dominan tinggi berada di daerah dataran tinggi. Daerah yang memiliki frekuensi dominan rendah hampir tersebar di wilayah Semarang Barat. Nilai A_0 di daerah penelitian berada pada rentang 0,8 sampai 2,6. Nilai amplifikasi tinggi ditunjukkan dengan warna hijau–kuning, dengan wilayah Ngaliyan, Gunungpati, Mijen, Semarang Barat. Nilai amplifikasi rendah ditunjukkan dengan warna ungu - biru, berada disebagian wilayah Gayamsari, Candisari, Semarang Timur. Indeks kerentanan seismik di daerah penelitian berada pada rentang 0,5 – 5. Persebaran nilai Kg yang relatif tinggi berada disebagian wilayah Semarang Barat, Mijen, Ngaliyan ditandai dengan skala warna kuning. Persebaran nilai indeks kerentanan seismik yang rendah mendominasi di wilayah penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Frekuensi Dominan; Amplifikasi; Mikrozonasi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
500 Natural sciences and mathematics > 550 Earth sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 45201 - Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 26 Jun 2022 10:46
Last Modified: 26 Jun 2022 10:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16251

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics