Klasifikasi tumor otak dan normal pada citra ct scan berbasis ciri tekstur grey level C0-occurrence metriks (GLCM) menggunakan back propagation neural network

Anggraeni, Syntia (2021) Klasifikasi tumor otak dan normal pada citra ct scan berbasis ciri tekstur grey level C0-occurrence metriks (GLCM) menggunakan back propagation neural network. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1708026015_Syntia Anggraeni_Full Skripsi] Text (1708026015_Syntia Anggraeni_Full Skripsi)
1708026015-Syntia Anggraeni-Naskah Skripsi - Syntia Anggraeni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

CT Scan merupakan alat radiologi yang dapat digunakan untuk mendiagnosa kelainan pada otak berdasarkan hasil citra keluaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi citra otak dengan kategori otak normal dan tumor otak. Metode penelitian yang digunakan meliputi proses Cropping, Grayscalling, Equalization Histogram, penggalian ciri tekstur Grey Level Co-Occurrence (GLCM) dengan memanfaatkan tiga fitur yaitu ASM, IDM, dan Entropy dan proses terakhir yaitu proses klasifikasi menggunakan metode Backpropagation Neural Network.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dari 25 citra otak normal dan 25 citra tumor otak baik yang berperan sebagai data latih maupun data uji pada proses klasifikasi citra, status citra predictive sama atau sesuai dengan status citra actual. Parameter yang digunakan untuk menghitung performa metode klasifikasi Backpropagation Neural Network yaitu akurasi, spesifisitas, sensitivitas, Positive Predictive Value (PPV), dan Negative Predictive Value (NPV). Adapun hasil yang didapat yaitu nilai akurasi sebesar 100%, spesifisitas sebesar 100%, sensitivitas sebesar 100%, nilai PPV sebesar 1 dan nilai NPV sebesar 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: CT Scan; Equalization Histogram; GLCM; Backpropagation Neural Network
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 45201 - Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 26 Jun 2022 12:16
Last Modified: 26 Jun 2022 12:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16255

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics