Manajemen pendidikan karakter peserta didik di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang
Umaroh, Dewi Azizatul (2013) Manajemen pendidikan karakter peserta didik di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093311006_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (826kB) | Preview
093311006_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (174kB) | Preview
093311006_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (264kB) | Preview
093311006_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (96kB) | Preview
093311006_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (197kB) | Preview
093311006_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (65kB) | Preview
093311006_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (84kB) | Preview
Abstract
Hadirnya beberapa kasus yang tidak mencerminkan karakter Indonesia yang bermartabat sering terjadi. Karenanya pemerintah tergerak untuk menata kembali pola pendidikan Indonesia dengan menghadirkan program pendidikan karakter. Gagasan ini bercita-cita besar dapat melahirkan generasi Indonesia yang unggul. SD Hj. Isriati merupakan satu sekolah yang memiliki perhatian pada program pendidikan karakter dengan melakukan beberapa kegiatan pembiasaan-pembiasaan baik yang dilakukan di sekolah. Fokus dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah perencanaan pendidikan karakter di SD Hj. Isriati Baiturrahman, 2) Bagaimanakah pelaksanaan pendidikan karakter di SD Hj. Isriati Baiturrahman, 3) Bagaimanakah evaluasi pendidikan karakter di SD Hj. Isriati Baiturrahman.
Sekolah tersebut dijadikan sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang manajemen pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Wujud data adalah kata-kata, catatan, laporan dan dokumen yang diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru SD Hj. Isriati Baiturrahman. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter peserta didik dilakukan dengan penyusunan kurikulum dan pengelolaannya baik pengelolaan dalam kelas maupun pengelolaan diluar kelas atau lingkungan sekolah. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik dengan keteladanan dan pembiasaan. (3) Evaluasi pendidikan karakter peserta didik dilaksanakan dengan skala sikap, pengamatan, kerjasama dengan orang tua peserta didik dan kunjungan ke rumah (Home Visit
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 10:04 |
Last Modified: | 06 Mar 2014 10:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1626 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year