Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy

Kusmitawardani, Reni Dwi (2021) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_RENI_DWI_K] Text (SKRIPSI_RENI_DWI_K)
1403016117_Reni Dwi K_Full Skripsi - Reni Kusmitawardani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (926kB)

Abstract

Dunia pendidikan telah mengalami masalah serius berkaitan dengan akhlak remaja. Hal yang paling mendasar dari sebuah proses pendidikan adalah membangun kepribadian akhlak yang baik. Akhlak yang baik tidak dapat dibentuk hanya dengan pelajaran, pembentukan akhlak yang baik harus disertai dengan keteladanan. Maka untuk mengembalikan dan menjadikan manusia memiliki perilaku baik, pendidikan berbasis akhlak melalui novel dapat menjadi penunjang terbentuknya akhlak yang baik bagi anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terdapat dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El Shirazy. Penyusunan skripsi ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan telaah kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan analisis menggunakan metode content analysis.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat nilai pendidikan akhlak akhlaq al-karimah (akhlak terpuji) dan akhlaq al-madzmumah (akhlak tercela) dalam novel Merindu Baginda Nabi. Akhlaq al-karimah (akhlak terpuji) yaitu sabar, ikhlas, jujur, tawakkal, takwa, syukur, taubat, dan tawadhu”. Akhlaq al-madzmumah (akhlak tercela) meliputi iri hati, dendam, fitnah, dengki, dan namimah (adu domba).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak; Novel; Akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:39
Last Modified: 24 Jun 2022 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16267

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics