Nilai-nilai pendidikan akhlak sosial tokoh pewayangan semar dalam buku arus bawah karya Emha Ainun Nadjib

Alimtihani, Muhammad Luthfi Syaifudin (2022) Nilai-nilai pendidikan akhlak sosial tokoh pewayangan semar dalam buku arus bawah karya Emha Ainun Nadjib. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016084_MUHAMMAD_LUTHFI_SYAIFUDDIN_ALIMTIHANI] Text (SKRIPSI_1503016084_MUHAMMAD_LUTHFI_SYAIFUDDIN_ALIMTIHANI)
1503016084_MUHAMMAD LUTHFI SYAIFUDIN ALIMTIHANI_Lengkap Tugas Akhir - muhammad luthfi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan dasar bagi semua orang dalam menjalani kehidupan. Akhlak mengajarkan untuk selalu memiliki budi pekerti baik dalam hubungan terhadap Allah dan dalam kehidupan bermasyarakat. Tingkah laku seseorang yang bersikap di dalam kehidupan masyarakat dapat mengantarkan orang itu menjadi pribadi yang dicintai atau dibenci. seperti yang terjadi pada masa ini, masih banyak kasus yang menyimpang dari nilai sosial di masyarakat dan banyak dari generasi muda yang sudah melupakan nilai-nilai budaya daerah, khususnya di tanah Jawa terlebih lagi dalam hal kesenian pewayangan. Karakter yang cocok dengan karakter masyarakat Jawa adalah Semar, karena penuh dengan pesan-pesan moral. Maka dari itu peneliti mencoba mendiskripsikan dan menganalisis tentang nilai-nilai pendidikan akhlak sosial dari karakter Semar dalam Buku Arus Bawah.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dilihat dari cara dan taraf pembahasannya penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah membaca dan menelaah isi Buku Arus Bawah serta buku-buku yang masih berkaitan dengan Semar dan pendidikan Akhlak Islam. Peneliti juga melakukan wawancara ke Pengarang buku Arus Bawah melalui Asistennya (Helmi Mustofa) guna menguatkan dan mendeskripsikannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak sosial tokoh Semar dalam buku Arus Bawah antara lain adalah : sikap saling menghormati sesama manusia, sikap bijaksana, cerdas, rendah diri, apatis, bersikap terbuka dan saling menghargai, dan sikap tolong menolong. Diantara relevansinya dengan pendidikan Islam terdapat beberapa poin yaitu: Persaudaraan, Tolong menolong, Kepedulian, Pemaaf, dan juga Toleransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai; Pendidikan Akhlak; Arus Bawah; Cak Nun.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:19
Last Modified: 24 Jun 2022 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16273

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics