Manajemen kurikulum mata pelajaran agama berbasis karakter dalam mengembangkan budaya Islam di MTs Negeri 02 Semarang
Iryanti, Iryanti (2013) Manajemen kurikulum mata pelajaran agama berbasis karakter dalam mengembangkan budaya Islam di MTs Negeri 02 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093311015_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (423kB) | Preview
093311015_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (157kB) | Preview
093311015_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (426kB) | Preview
093311015_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
093311015_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (449kB) | Preview
093311015_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
093311015_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Manajemen kurikulum Mata Pelajaran Agama di Madrasah MTs Negeri 02 Semarang. 2). Manajemen kurikulum Mata Pelajaran Agama berbasis karakter dalam mengembangkan budaya islam di MTs Negeri 02 Semarang.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi ,dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analitik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum mata pelajaran Agama sudah berjalan dengan baik mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, sehingga dalam manajemen kurikulum pendidikan Agama Islam berbasis karakter dalam mengembangkan budaya Islam di MTs Negeri 02 yaitu menjadi generasi khaira ummah. Kurikulum PAI menggunakan kurikulum KTSP Dalam pembelajaran di kelas guru cukup banyak menggunakan metode dan media yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, dan disesuaikan dengan yang ada.
Upaya dalam mengembangkan budaya Islam MTs Negeri 02 Semarang dengan cara menyusun RPP yang sesuai dengan kurikulum madrasah, melaksanakan pelatihan bagi guru agar mampu melaksanakan KBM dengan efektif dan efisien dan mengadakan ekstrakurikuler seperti rebana, BTA, Drumband, pidato bahasa arab dan inggris supaya siswa menjadi generasi khaira ummah. Kurikulum mata pelajaran Agama di MTs Negeri 02 Semarang sudah terperinci ke dalam beberapa mata pelajaran antara lain akidah Akhlak, Quran hadist, SKI, Bahasa Arab dan BTA.
Upaya guru Agama dalam mencapai pengembangan budaya Islam antara lain turut serta merumuskan dan mensosialisasikan budaya Islam, melakukan identifikasi kebutuhan mata pelajaran Agama meliputi kurikulum, ekstrakulikuler dan prestasi belajar siswa, bekerjasama dengan orangtua dan masyarakat dalam proses belajar mengajar yaitu dalam pemberian pengawasan pada peserta didik, dan meninjau kembali program kerja yang telah dilaksanakan. Pencapaian visi dan misi dilakukan juga dengan cara menganalisis sejauh mana pencapaian kurikulum mata pelajaran Agama berbasis karakter dalam mengembangkan budaya Islam serta berusaha mencari input yang berkualitas dengan bekerja sama dengan lembaga madrasah lain untuk akses outputnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, pengelola pendidikan, tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum; Budaya Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 10:06 |
Last Modified: | 06 Mar 2014 10:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1628 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year