Puasa setengah hari masyarakat Saluan Mendono pada akhir ramadlan dalam perspektif fiqh dan astronomi

Enteding, Kodrat Alamsyah (2020) Puasa setengah hari masyarakat Saluan Mendono pada akhir ramadlan dalam perspektif fiqh dan astronomi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602046018_LENGKAP] Text (SKRIPSI_1602046018_LENGKAP)
1602046018_Kodrat Alamsyah_Lengkap Tugas Akhir - Kodrat Enteding.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Waktu puasa telah ditentukan secara jelas dalam al-Qur’an, yakni dari terbit fajar sampai Matahari terbenam. Uniknya, masyarakat Saluan Mendono Sulawesi Tengah hanya berpuasa sampai siang hari pada akhir Ramadlan. Penelitian ini membahas alasan masyarakat Saluan berpuasa setengah hari pada akhir Ramdlan. Selain itu, penelitian ini memberikan analisis dari perspektif fiqh dan astronomi terhadap alasan yang digunakan masyarakt Saluan.
Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Adapun dalam metode pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara (interview), observasi (obsevation), dan dokumentasi (documentation). Sementara temuan dari data tersebut diolah secara deskriptif analisis.
Kesimpulan dari penelitian ini mendapatkan dua poin. Pertama, masyarakat Saluan berpuasa setengah hari pada akhir Ramadlan karena telah melihat Bulan (hilal) dan menganggap tidak ada Bulan yang sepenuhnya sampai 30 hari. Kedua, tidak ada puasa setengah hari yang diperbolehkan Islam dan melihat Bulan pada siang hari tanpa menggunakan alat bantu sangat sulit untuk dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Puasa Setengah Hari; Masyarakat Saluan; Akhir Ramadlan; Prespektif Fiqh; Astronomi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.53 Sawm, fasting (selain Ramadhan, puasa sunnah)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 26 Jun 2022 12:25
Last Modified: 26 Jun 2022 12:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16287

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics