Analisis pembangunan MCK masjid dengan memperhatikan arah kiblat (studi kasus masjid-masjid di Kecamatan Pemalang)

Utami, Masna Mahanani (2021) Analisis pembangunan MCK masjid dengan memperhatikan arah kiblat (studi kasus masjid-masjid di Kecamatan Pemalang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702046011_LENGKAP] Text (SKRIPSI_1702046011_LENGKAP)
1702046011_Masna Mahanani Utami_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Syari’at mengatur segala urusan umat muslim. Islam agama yang sangat sempurna. Dari urusan penting sampai urusan kecil yang tampak remehpun di atur. Salah satu urusan kecil yang diatur dalam syari’at adalah masalah buang hajat.
Buang hajat menghadap kearah arah kiblat salah satu yang tertulis pada kitab adab. Penulis menganggap perlu adanya sebuah pembahasan mengenai ini. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan yaitu 1. Untuk mengetahui arah bangunan MCK masjid di Kecamatan Pemalang, dan 2. Untuk mengetahui tinjauan arah kiblat pada MCK masjid menurut tinjauan fiqh.
Penelitian kualitatif yang sifatnya penelitian lapangan, dengan pendekatan ilmu falak. Teknik pengolahan data yang dilakukan yaitu observasi, dan wawancara langsung. Data dianalisis dengan metode deskriptif sehingga makna yang tersampaikan jelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa arah bangunan MCK masjid di Kecamatan Pemalang Sebagian besar tidak menghadap kearah kiblat, akan tetapi masih ada MCK masjid yang arah bangunannya menghadap kearah kiblat. Kemudian fiqih memberikan penjelasan buang hajat menghadap kearah kiblat tidak diperbolehkan apabila berada di tanah lapang. Apabila buang hajat didalam ruangan sebagian besar ulama tidak mempermasalahkan dengan catatan adanya penghalang ketika membuang hajat baik hajat besar maupun hajat kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah Kiblat; Arah Bangunan MCK; Masjid; Kecamatan Pemalang.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 16 Jul 2022 12:51
Last Modified: 16 Jul 2022 12:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16306

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics