Uji akurasi dan pengaruh ketinggian tempat terhadap awal waktu Salat (Studi Jadwal Waktu Salat Versi Kementrian Agama Kabupaten Brebes)

Basithussyarop, M (2021) Uji akurasi dan pengaruh ketinggian tempat terhadap awal waktu Salat (Studi Jadwal Waktu Salat Versi Kementrian Agama Kabupaten Brebes). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702046042_LENGKAP] Text (SKRIPSI_1702046042_LENGKAP)
1702046042_M.Basithussyarop_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu wilayah di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki keadaan geografis yang berbeda adalah Kabupaten Brebes, Kabupaten Brebes terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Brebes Utara dan Brebes Selatan. berdasarkan kedua wilayah tersebut Penulis menemukan hal menarik yaitu selisih Waktu Salat jika dihitung menggunakan koreksi ketinggian tempat. Namun kenyataanya, Kedua wilayah tersebut masih menggunakan Waktu Salat yang sama, Penulis tertarik untuk mengkaji Jadwal waktu salat yang di gunakan Kabupaten Brebes. Skripsi ini mengkaji dua permasalahan, yaitu: Pertama, Pengaruh Ketinggian Tempat terhadap waktu salat Kabupaten Brebes; Kedua, Tingkat akurasi waktu salat yang dikeluarkan Kementrian Agama Brebes dan relevansinya untuk digunakan sebagai acuan waktu salat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan. Data primernya bersumber dari jadwal waktu salat yang dikeluarkan Kementrian Agama Kabupaten Brebes. Sedangkan data sekunder di peroleh dengan Wawancara, Dokumentasi, dan Observasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis data dengan metode analisis deskriptif menggunakan perhitungan waktu salat dengan koreksi ketinggian tempat Bapak Slamet Hambali.
Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Ketinggian Tempat berpengaruh terhadap perhitungan waktu salat di Kabupaten Brebes; Kedua, Jadwal waktu salat yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama Kabupaten Brebes dianggap tidak relevan digunakan Brebes Selatan dikarenakan terdapat selisih 0-5 menit. Sedangkan masih relevan digunakan untuk wilayah Brebes Utara kerena selisih hanya 0-1 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Uji Akurasi; Ketinggian Tempat; Awal Waktu Salat; Kementrian Agama Kabupaten Brebes
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 26 Jun 2022 02:08
Last Modified: 26 Jun 2022 02:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16313

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics