Efektivitas program pembelajaran daring biologi kelas XI menggunakan model context, input, process, dan product di SMAN 16 Semarang

Indrawan, Ahmad (2021) Efektivitas program pembelajaran daring biologi kelas XI menggunakan model context, input, process, dan product di SMAN 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608086048_AHMAD_INDRAWAN] Text (Skripsi_1608086048_AHMAD_INDRAWAN)
Skripsi_1608086048_AHMAD_INDRAWAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembalajaran daring yang dilaksanakan disekolah merupakan mandat dari pemerintah akibat dampak dari wabah pandemi covid-19. Hal ini berdampak pada pelaksanaan pembelajaran yang yang kurang matang dan terencana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan proses pembelajaran biologi dengan menggunakan evaluasi model CIPP di SMAN 16 Semarang. Penentuan keefektifan suatu proses pembelajaran dilihat dari seberapa besar tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan pada awal pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru biologi dan siswa kelas XI IPA yang berjumlah 100 siswa. Penelitian ini menggunakan model CIPP dengan mengevaluasi tiap komponen context, input, process, dan product untuk menentukan kefektifan pembelajaran tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada evaluasi context, input, process, dan product pembelajaran daring sudah efektif namun pada aspek process dan product masih perlu perbaikan karena Keterlaksanaan pembelajaran daring yang diikuti seluruh siswa memiliki beberapa kendala mulai dari keluhan fisik dan psikologis yang dialami guru dan peserta didik, kuota internet yang terbatas, serta partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi pembelajaran; Model CIPP; Pembelajaran biologi; Pembelajaran daring; Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:09
Last Modified: 28 Jun 2022 01:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16316

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics