Pengembangan media electric biocard terintegrasi nilai Islam untuk menanamkan nilai religius siswa kelas X SMA

Rojikin, Ilham (2021) Pengembangan media electric biocard terintegrasi nilai Islam untuk menanamkan nilai religius siswa kelas X SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1608086058_ILHAM_ROJIKIN] Text (SKRIPSI_1608086058_ILHAM_ROJIKIN)
SKRIPSI_1608086058_ILHAM_ROJIKIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal pokok dalam kehidupan namun belakangan ini Nilai etika (karakter) dan moral sesorang semakin krisis, hal itu ditandai dengan maraknya kekerasan, korupsi, ketidak adilan, tindakan asusila, kriminal dan lain-lain yang setiap waktu terupdate di informasi publik. Terlebih dikalangan pelajar tindak kekerasan dan bulying sudah menjadi hal biasa yang dilakukan dalam lingkup sekolah maupun di masyarakat. Hal ini Perlu adanya pembenahan dalam sistem pendidikan dengan cara menanamkan nilai-nilai religius kepada peserta didik sebagai bekal kehidupan di masa depan. Salah satu upaya yang tepat untuk menanamkan nilai karakter pada peserta didik yaitu dengan mengintegrasikan nilai islam dalam materi pembelajaran IPA atau Sains, Ilmu sains khususnya materi Kingdom Animalia memiliki cakupan materi yang cukup banyak, ditambah dengan antusias belajar peserta didik yang sangat minim karena model pembelajaran yang monoton sehingga terasa membosankan, untuk itu perlu adanya sebuah media pembelajaran yang dapat membantu tersampainya materi kepada peserta didik dengan produktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan karakteristik desain media pembelajaran electric biocard terintegrasi nilai islam, mengukur kelayakan electric biocard sebagai media pembelajaraan biologi dan menilai efektifitas media pembelajaran electric biocard dalam menanamkan nilai religius peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan karakteristik desain media electric biocard terintegrasi nilai islam sebagai berikut : Kartu biologi yang di kemas dengan tampilan Aplikasi android serta dapat di download dan di akses kapanpun dimanapun, Media electric biocard di desain dengan fitur yang lengkap yaitu, terdapat bar menu beranda yang berisi (profile, visi dan misi, sejarah, serta petunjuk penggunaan), terdapat menu materi yang disajikan dalam bentuk video animasi, dan kartu biologi yang unik untuk tebak jawaban, terdapat E-book dan artikel sebagai media bacaan, terdapat team penyususn dan contac person yang dapat membantu peserta didik apabila mengalami kendala atau kesulitan. Media pembelajaran electric biocard terintegrasi nilai islam sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi para ahli, guru biologi, dan tanggapan peserta didik. Persentase kelayakan ahli materi sebesar 73 %, ahli media sebesar 90.6 %, ahli integrasi sebesar 94 %, guru biologi sebesar 85.4 % serta tanggapan peserta didik sebesar 85.3 %. Adapun penilaian efektifitas media electric biocard terintegrasi nilai islam dianggap mampu menanamkan nilai religius peserta didik berdasarkan kesan dan pesan yang disampaikan oleh peserta didik melalui instumen angket yang di bagikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Electric biocard; Nilai Islam; Nilai religius; Kingdom animalia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:18
Last Modified: 28 Jun 2022 01:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16317

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics