Motivasi belajar siswa kelas XI MA pada pembelajaran biologi secara daring di Kecamatan Kebumen : studi analisis

Muliana, Diyanah (2021) Motivasi belajar siswa kelas XI MA pada pembelajaran biologi secara daring di Kecamatan Kebumen : studi analisis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086028_Diyanah_Muliana] Text (Skripsi_1708086028_Diyanah_Muliana)
Skripsi_1708086028_Diyanah_Muliana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring memiliki banyak kendala yang dialami siswa. Kendala yang dialami siswa menyebabkan kurangnya semangat yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed method). Analisis kualitatif menggunakan analisis model Miles dan Huberman, sedangkan analisis kuantitatif menggunakan analisis deskriptif sederhana. Pengumpulan data melalui angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan jurusan yang terdapat di tiap sekolah dan letak geografis sekolah yang berada di Kecamatan Kebumen. Sampel yang diambil yaitu MAN 1 Kebumen, MAN 2 Kebumen, MA Salafiyah Wonoyoso, dan MA-PK Ma’arif 1 Kebumen. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas XI MA di Kecamatan Kebumen dikategorikan tinggi dengan rata-rata 69,6%, hal ini dilatarbelakangi oleh dorongan dari dalam diri siswa maupun dukungan dari orang disekitar, sehingga siswa memiliki keinginan berhasil yang tinggi meskipun dalam situasi 5pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Pembelajaran biologi; Pembelajaran daring; Kebumen
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:38
Last Modified: 28 Jun 2022 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16319

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics