Kajian metaanalisis media pembelajaran berbasis mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik SMA dalam pembelajaran biologi

Rahmatika, Aprilia Della (2022) Kajian metaanalisis media pembelajaran berbasis mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik SMA dalam pembelajaran biologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086048_Aprilia_Della_Rahmatika] Text (Skripsi_1708086048_Aprilia_Della_Rahmatika)
Skripsi_1708086048_Aprilia_Della_Rahmatika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali dengan fenomena kelas daring atau online semasa pandemi yang mana memberikan berbagai respon pada siswa salah satunya adalah berkurangnya tingkat pemahaman siswa yang berimbas pada hasil belajarnya. Salah satu hal yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi yaitu dengan media pembelajaran berbasis mobile learning. Banyaknya penelitian yang menghasilkan media pembelajaran berbasis mobile learning, melandasi dilakukan penelitian metaanalisis ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media-media mobile learning tersebut dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa SMA beserta pada materi apa media tersebut digunakan. Populasi dalam penelitian ini adalah skripsi dan artikel penelitian yang terkait dengan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa dalam rentang tahun 2011-2021. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis besaran pengaruh Cohen’s d effect size. Hasil penelitian: (1) Secara keseluruhan diperoleh rata-rata effect size sebesar 1,17 yang berarti pembelajaran berbasis mobile learning pada pembelajaran biologi SMA mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen sebesar 1,17 kali lebih besar pengaruhnya jika dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol (2) media pembelajaran berbasis mobile learning dengan nilai effect size terbesar adalah media mobile berbasis android dengan nilai effect size sebesar 1,33 yang termasuk kategori besar menurut kriteria Cohen’s d. (3) Materi biologi yang memiliki pengaruh terbesar dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa adalah materi sistem gerak dengan nilai effect size 3,73 dalam kategori besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metaanalisis; Media pembelajaran; Mobile learning; Hasil belajar kognitif; Pembelajaran biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jun 2022 00:56
Last Modified: 29 Jun 2022 00:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16321

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics