Pengaruh pemahaman ilmu tajwid dan kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an hadis pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Subang

Rizqin, M. Naufal (2021) Pengaruh pemahaman ilmu tajwid dan kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an hadis pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Subang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016004_M._NAUFAL_RIZQIN] Text (SKRIPSI_1703016004_M._NAUFAL_RIZQIN)
1703016004_M. Naufal Rizqin_Lengkap Tugas Akhir - Naufal Rizqin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembahasan dalam skripsi ini meliputi pengaruh pemahaman ilmu tajwid dan kemampuan membaca al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Subang. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari: (1) pengaruh pemahaman ilmu tajwid (X1) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis (Y); (2) pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an (X2) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis (Y); (3) pengaruh pemahaman ilmu tajwid dan kemampuan membaca al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Subang. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan statistik inferensial sebagai perhitungannya.
Hasil penelitian ini ialah (1) terdapat pengaruh signifikan antara pemahaman ilmu tajwid (X1) dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadis (Y) pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Subang dengan nilai R Square = 0,650, maknanya terdapat pengaruh yang kuat; (2) terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan membaca al-Qur’an (X2) dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadis (Y) pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Subang dengan nilai R Square = 0,597, menunjukkan tingkat pengaruh yang cukup; (3) terdapat pengaruh antara pemahaman ilmu tajwid (X1) dan kemampuan membaca al-Qur’an (X2) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis (Y) pada siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Subang dengan nilai R Square = 0,683, maknanya terdapat tingkat pengaruh yang kuat, kemudian dibuktikan pula dengan nilai Fhitung = 59,342 > Ftabel 3,162.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Ilmu Tajwid; Kemampuan Membaca al-Qur’an; Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:04
Last Modified: 02 Jul 2022 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16343

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics