Upaya guru pendidikan agama islam dalam membiasakan pelaksanaan salat berjamaah siswa di SMP Negeri 23 Semarang

Kurniawan, Fadil (2021) Upaya guru pendidikan agama islam dalam membiasakan pelaksanaan salat berjamaah siswa di SMP Negeri 23 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703016006_FADLIL_KURNIAWAN] Text (SKRIPSI_1703016006_FADLIL_KURNIAWAN)
1703016006_Fadil Kurniawan_Full Skripsi - fdl kurniawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Upaya guru PAI dalam membiasakan pelaksanaan salat berjamaah menjadi sangat penting, karena dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran beragama dan pengalaman beragama pada anak. Penelitian ini mengambul fokus permasalahan: 1) Bagaimanakah upaya guru PAI dalam membiasakan pelaksanaan salat berjamaah siswa di SMPN 23 Semarang? 2) Apasajakah faktor-faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam membiasakan pelaksanaan salat berjamaah siswa di SMPN 23 Semarang?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini, yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan validasi data. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa upaya yang dilakukan guru PAI dalam membiasakan pelaksanaan salat berjamaah di SMPN 23 Semarang, adalah: menerapkan contoh kepada siswa dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode nasihat. Faktor pendukung guru PAI dalam membiasakan pelaksaan salat berjamaah yaitu: siswa yang mengikuti arahan dari bapak/ibu guru dalam melaksanakan salat berjamah, kerjasama semua guru dalam melaksanakan program pembiasaan salat berjamaah dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat guru PAI dalam membiasakan salat berjamaah yaitu: faktor internal siswa yang kurang adanya kesadaran, keterbatasan musholla yang akhirnya pelaksanaan salat berjamaah di laksanakan secara bertahap, kendala air wudu yang terkadang air habis atau lain hal yang dapat mengganggu, sehingga tidak ada kenyamanan dalam melaksanakan salat berjamaah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI; Pembiasaan Salat Berjamaah; Salat Berjamaah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:13
Last Modified: 02 Jul 2022 02:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16345

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics