Implementasi character building dan creativity learning pada proses pembelajaran tema 7 subtema 1 (perkembangan teknologi produksi pangan) di kelas III MI Thoriqotul Ulum Pati

Lestari, Dewi (2021) Implementasi character building dan creativity learning pada proses pembelajaran tema 7 subtema 1 (perkembangan teknologi produksi pangan) di kelas III MI Thoriqotul Ulum Pati. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096007_Dewi Lestari_Full] Text (Skripsi_1703096007_Dewi Lestari_Full)
1703096007_Dewi Lestari_Full Skripsi_pdf - Dewi Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui implementasi character building dan creativity learning pada proses pembelajaran tematik di kelas III MI Thoriqotul Ulum Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara kepala sekolah, guru kelas, dan siswa-siswi kelas III MI Thoriqotul Ulum Pati. Sedangkan sumber data sekunder yakni data peserta didik, silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan dokumen lainnya. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi character building dan creativity learning terdiri atas perencanaan, pelaksanaan , dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan adanya pengintegrasian character building dan creativity learning pada proses pembelajaran tema7 subtema 1 (perkembangan teknlogi produksi pangan). Karakter yang diterapkan dalam pembelajaran tersebut yaitu 1. Religius, 2. Mandiri, 3. Disiplin, 4. Toleransi, 5. Jujur, 6. Tanggung jawab, 7. Kreatif, 8. Rasa ingin tahu dan peduli lingkungan. Metode yang digunakan yaitu permainan, penugasan, ceramah, tanya jawab dan diskusi. Bentuk penilaian menggunakan penilain autentik yang meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Kreativitas; Pembelajaran Tematik; Character building; Creativity learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Jul 2022 00:51
Last Modified: 04 Jul 2022 00:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16350

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics