Pengaruh model problem based learning berbasis iIntegrasi nilai Islam terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV materi energi matahari dan angin di MI Ianatus Shibyan, Semarang

Suriroh, Atik Thoyibatus (2021) Pengaruh model problem based learning berbasis iIntegrasi nilai Islam terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV materi energi matahari dan angin di MI Ianatus Shibyan, Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096056_Atik Thoyibatus Suriroh_Full] Text (Skripsi_1703096056_Atik Thoyibatus Suriroh_Full)
1703096056_Atik Thoyibatus Suriroh_Full Skripsi - Atik thoyibah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Integrasi Nilai Islam Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Materi Energi Matahari dan Angin di MI Ianatus Shibyan, Semarang. Kajiannya dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang diterapkan dikelas kurang tepat, sehingga siswa menjadi jenuh dan hasil belajar kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis integrasi nilai Islam terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV materi energi matahari dan angin di MI Ianatus Shibyan, Semarang. Integrasi nilai Islam digunakan untuk memadukan bidang IPA dan nilai keislaman sehingga menjadi solusi memutus rantai dikotomi ilmu.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design, yang dilaksanakan di MI Ianantus Shibyan Semarang. Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis menggunakan teknik analisis statistik. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 93,67 sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata 88,33. Berdasarkan uji pengaruh antar variabel dengan koefesien korelasi biserial diperoleh rhitung = 0,6948 dikonsultasikan dengan rtabel pada α : 5% = 0,36. Karena rhitung > rtabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pengaruh antara kelas ekperimen dan kelas kontrol kuat karena berada pada interval 0,60 – 0,799. Sehingga ada pengaruh antara model pembelajaran problem based learning

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model problem based learning; Integrasi nilai Islam; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Jul 2022 00:48
Last Modified: 04 Jul 2022 00:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16355

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics