Pengaruh penggunaan metode role playing berbantu media big book terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi jenis pekerjaan kelas IV MI Mifatahul Ulum Lengkir tahun ajaran 2020/2021

Kholifah, Dwi Ummu (2021) Pengaruh penggunaan metode role playing berbantu media big book terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi jenis pekerjaan kelas IV MI Mifatahul Ulum Lengkir tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096060_Dwi Ummu Kholifah_Lengkap] Text (Skripsi_1703096060_Dwi Ummu Kholifah_Lengkap)
1703096060_DWI UMMU KHOLIFAH_FULL SKRIPSI - Nurul Mabruroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan memahami materi jenis pekerjaan pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Role Playing berbantu media Big Book terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi jenis pekerjaan kelas IV MI Miftahul Ulum Lengkir.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen model pre eksperimen dengan menggunakan design One Group Pretest Posttest Control yang dilaksanakan di MI Miftahul Ulum Lengkir. Penelitian ini juga merupakan penelitian populasi karena yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi kelas yaitu kelas IV.
Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil perhitungan t-tets dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh t_hitung = 9,430 sedangkan t_tabel = 2,306 t_hitung > t_(tabel ). Dari hasil pengujian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa nilai t_hitung berada di daerah penerimaan H_(a )yaitu ada pengaruh penggunaan metode Role Playing berbantu media Big Book terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi jenis pekerjaan kelas IV MI Miftahul Ulum Lengkir tahun ajaran ajaran 2020/2021 sehingga H_(0 )ditolak.
Berdasarkan nilai yang diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen sebelum dan sesudah dikenai perlakuan yaitu pretest 72,2 dan posttest 91,1 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap terhadap penggunaan metode Role Playing berbantu media Big Book terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi jenis pekerjaan kelas IV MI Miftahul Ulum lengker tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Role playing; Media big book
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Jul 2022 00:47
Last Modified: 04 Jul 2022 00:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16357

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics