Implementasi home visit untuk mendukung pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak tahun pelajaran 2021/2022

Hakim, Joni Luqman (2022) Implementasi home visit untuk mendukung pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096062_Joni Luqman Hakim_Lengkap] Text (Skripsi_1703096062_Joni Luqman Hakim_Lengkap)
1703096062_Joni Luqman Hakim_Lengkap Tugas Akhir - Joni Luqman Hakim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran daring yang kurang maksimal selama masa pandemi COVID-19 di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak. Hal tersebut dapat dilihat dari respon siswa selama melaksanakan pembelajaran daring, sarana prasarana, pendapat orang tua dan lain sebagainya.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Home visit untuk mendukung pembelajaran selama masa pandemi COVID-19 di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini diperoleh dari Guru Kelas, Kepala Madrasah, Peserta didik kelas IV dan Wali Murid kelas IV. Disamping itu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya teknik pengolahan data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dalam melaksanakan Home visit membuat perencanaan seperti membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai tempat tinggal, membuat RPP, mempersiapkan materi dan media. Pelaksanaan Home visit guru mengunjungi rumah siswa kemudian melaksanakan pembelajaran sesuai RPP. guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran secara test dan non test. Adapun faktor pendukung home visit diataranya sekolah, guru dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu motivasi siswa, peran orang tua, sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Home visit; Metode alternatif; COVID-19; Respon siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Jul 2022 00:47
Last Modified: 04 Jul 2022 00:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16358

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics