Pengaruh metode practice rehearsal pairs terhadap ketrampilan menulis susunan ayat pada mata pelajaran Al Qur'an Hadist kelas IV MI An Nur Penggaron Kidul Semarang tahun ajaran 2021/2022

Anindata, Eka Pratama Rizki (2021) Pengaruh metode practice rehearsal pairs terhadap ketrampilan menulis susunan ayat pada mata pelajaran Al Qur'an Hadist kelas IV MI An Nur Penggaron Kidul Semarang tahun ajaran 2021/2022. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096068_Eka Pratama Rizki Anindata_Lengkap] Text (Skripsi_1703096068_Eka Pratama Rizki Anindata_Lengkap)
1703096068_Eka Pratama Rizki Anindata_Tugas Akhir - eka pratama.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peserta didik yang dapat menulis susunan ayat alqur’an yang ada di Mata Pelajaran Al-qur’an Hadist. Hal tersebut dapat dilihat ketika peserta didik diminta untuk menuliskan susunan ayat Surah Al ‘Asr dan peserta didik merasa kesulitan untuk melakukannya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Metode Practice Rehearsal Pairs terhadap kemampuan keterampilan menulis susunan ayat al-qur’an peserta didik dalam materi Surah Al ‘Asr di kelas IV MI An-Nur Penggaron Kidul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi yang diambil dalam penelitian adalah kelas IV A yang terdiri dari 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan IV B yang terdiri dari 22 peserta didik sebagai kelas control.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 3,55165812185856 dan pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01808170281845. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh bahwa ada pengaruh variable x terhadap y. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima yaitu adanya pengaruh penggunaan Metode Practice Rehearsal Pairs terhadap keterampilan menulis susunan ayat pada materi Q.S Al ‘Asr peserta didik kelas IV di MI An-Nur

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode practice rehearsal pairs; Keterampilan menulis; Ayat Al-qur’an Hadist
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Jul 2022 08:03
Last Modified: 08 Jul 2022 08:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16365

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics